Pendidikan

Sambut Ibu Kota Baru, DJPPR Gelar Edukasi APBN di Institut Teknologi Kalimantan

Minggu, 10 November 2019 - 19:32 | 119.43k
Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur, Brahmantio Isdijoso memberikan gambaran fundamental perekonomian Indonesia, peran pembiayaan dalam pembangunan Indonesia dan pembiayaan APBN 2019 saat mengisi kuliah umum.
Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur, Brahmantio Isdijoso memberikan gambaran fundamental perekonomian Indonesia, peran pembiayaan dalam pembangunan Indonesia dan pembiayaan APBN 2019 saat mengisi kuliah umum.

TIMESINDONESIA, BALIKPAPAN – Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) menyelenggarakan kuliah umum di Institut Teknologi Kalimantan.

Kuliah umum bertema “Menjaga Momentum Pertumbuhan Melalui Kebijakan Pembiayaan APBN” ini merupakan rangkaian kegiatan InFest 2019 (an Inclusive Festival by DJPPR) di Samarinda dan Balikpapan yang dilaksanakan pada 7 – 8 November 2019.

kuliah-umum-2.jpg

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pengelolaan APBN yang dilakukan pemerintah dan bagaimana pembiayaan APBN dimanfaatkan secara produktif untuk memberikan kemaslahatan bagi masyarakat. Selain itu, dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkeadilan di seluruh tanah air.

Kuliah umum dibuka oleh Rektor Institut Teknologi Kalimantan, Prof. Budi Santosa, M.S., Ph.D. dan dihadiri oleh 200 peserta dari kalangan Dosen dan Mahasiswa ITK. 

Selain kuliah umum juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama edukasi antara DJPPR dan ITK dalam rangka pengembangan literasi pembiayaan dan risiko keuangan negara.

kuliah-umum-3.jpg

Dalam sambutannya, Rektor ITK menyampaikan bahwa untuk menyambut pembangunan Ibu kota baru di Kalimantan, banyak hal yang bisa mulai dipersiapkan salah satunya adalah SDM yang unggul agar bisa ikut menjadi pelaku bisnis dan ekonomi. 

Selain itu melalui kuliah umum ini Budi Santosa juga berharap mahasiswa mampu memahami konsep pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Bertempat di Gedung Aula ITK, Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur, Brahmantio Isdijoso selaku pembicara tunggal memberikan gambaran fundamental perekonomian Indonesia, peran pembiayaan dalam pembangunan Indonesia dan pembiayaan APBN 2019. 

Brahmantio mengatakan bahwa di tengah kondisi global yang kurang menguntungkan, Indonesia diharapkan mampu mempertahankan momentum pertumbuhan ekonomi dan infasi yang terkendali.

kuliah-umum-4.jpg

"Indonesia juga salah satu negara yang mulai untuk menggunakan pembiayaan kreatif untuk membangun Infrastruktur," terangnya.

Contohnya adalah dengan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha, sukuk proyek dan blended financing. Brahmantio juga menyebutkan bahwa pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur perlu pembiayaan lain yang kreatif seperti KPBU. 

“Pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur membutuhkan skema alternatif pembiayaan non APBN, dengan melibatkan peran swasta dan masyarakat melalui skema KPBU," sambung Brahmantio 

Melalui kuliah umum di Institut Teknologi Kalimantan oleh DJPPR ini, diharapkan mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa dan civitas akademika lain tentang peranan pembiayaan APBN, pengelolaanya dan pemanfaatannya sehingga bisa bersama-sama mengawal dan untuk membantu dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES