Kesehatan

Beredar Jajanan Tidak Sehat, Pemkab Jember Ajak Masyarakat Biasakan Pola Makan Sehat

Beredar Jajanan Tidak Sehat, Pemkab Jember Ajak Masyarakat Biasakan Pola Makan Sehat Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Abdul Muqit Arief (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Minggu, 10 November 2019 - 16:34

TIMESINDONESIA, JEMBER – Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Abdul Muqit Arief mengajak para orangtua untuk memperhatikan makanan dan jajanan anak-anak mereka. Yakni dengan membiasakan anak-anak dengan pola makan sehat yakni memakan sayur-mayur dan buah-buahan.

“Makan makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan juga tidak jajan sembarangan,” kata Muqit di Jember, Minggu (11/10/2019).

Menurutnya, saat ini telah banyak beredar jajanan dengan bahan kimia berlebihan bagi anak-anak. Bahan kimia yang dimaksud seperti pengawet makanan, perasa makanan maupun pemanis makanan.

“Anak-anak zaman dulu minum teh dari teh bubuk asli yang diberi air hangat. Tetapi, saat ini anak-anak sudah mudah mengonsumsi teh kemasan yang banyak dijual,” ujar Muqit.

Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa kebiasaan untuk mengonsumsi makanan maupun jajanan yang banyak mengandung bahan kimia ini harus diubah segera.

“Pelan-pelan mengubah kehidupan dengan pola hidup sehat, seperti lingkungan yang bersih, makanan sehat, hidup sehat dengan berolahraga dan istirahat yang cukup,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa menuju Jember sehat tidak cukup hanya dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang saat ini sedang disalurkan oleh Pemkab Jember beberapa waktu lalu.

Plt. Kepala Dinas Sosial, Wahyu Setyo H. melaporkan, penyaluran KIS-JKN di Kecamatan Kaliwates tercatat 2.617 jiwa penerima KIS. Untuk Kecamatan Patrang terdapat 2.419 jiwa penerima. Total KIS yang disalurkan sebanyak 5.036 kartu dari 3.036 kepala keluarga.

Selain itu menyerahkan KIS, kegiatan ini juga untuk menyalurkan bantuan bagi masjid. Pemerintah Kabupaten Jember membantu Masjid Al-Habsy berupa paving jalan di halaman masjid. 

Membiasakan pola makan sehat kepada masyarakat menjadi salah satu hal yang tengah diupayakan pemerintah untuk mewujudkan masyarakat sehat. (*)

Jurnalis : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration