Selasa, 19 November 2019
Ketahanan Informasi

Kebijakan Publik, Seberapa Pentingkah bagi Negara dan Masyarakatnya?

Kebijakan Publik, Seberapa Pentingkah bagi Negara dan Masyarakatnya? Thania Aprilia (Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara FIA Unisma Malang). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Minggu, 10 November 2019 - 10:35

TIMESINDONESIA, MALANGBUKU Kebijakan Publik: Evaluasi, Reformasi dan Formulasi yang ditulis oleh Hayat, S.A.P., M.Si memberikan banyak pemahaman baru mengenai pentingnya kebijakan publik dalam suatu negara. Sebagaimana diketahui bersama, suatu negara dikatakan maju apabila negara tersebut mempunyai formulasi kebijakan yang tepat dan diterapkan dengan baik kepada masyarakatnya. Dalam suatu negara, Pemerintah dituntut untuk dapat merancang dan menciptakan kebijakan publik yang baik dan tepat bagi masyarakatnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebijakan publik suatu hal yang penting dalam menentukan kesejahteraan dan kemakmuran negara maupun masyarakatnya. Kebijakan publik tidak terlepas dari kebutuhan, kepentingan, tuntutan dari masyarakatnya juga dibuat untuk menjawab segala persoalan dan masalah yang timbul di masyarakat dengan berbagai aspek dan ketentuan yang berlaku dalam suatu negara. Buku ini menjawab dengan lengkap tentang segala aspek serta memaparkan teori-teori dalam kebijakan publik yang akan mempermudah pembaca untuk memahaminya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kebijakan publik keputusan yang dilakukan oleh pihak yang berwenang untuk kepentingan bersama dengan tujuan memfasilitasi apa yang telah diberikan oleh pemerintah untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik, sejahtera, dan adil sentosa serta terdiri dari beberapa alternatif yang ada dengan tujuan sebagai alat pengukur seberapa baik dan berkualitas kebijakan publik tersebut. Pentingnya evaluasi dan formulasi kebijakan publik dalam suatu negara untuk menentukan “kesuksesan” dalam memilih suatu kebijakan publik. Setiap kebijakan mempunyai kelemahan dan kekurangan masing-masing dalam implementasinya karena hal tersebutlah maka diperlukan evaluasi sebagai sebuah alat memperbaiki dalam aspek sistem yang kurang baik yang kemudian digantikan oleh sesuatu yang lebih baik, baik dalam sumber daya manusia maupun sumber daya infrastruktur.

Buku-Kebijakan-Publik-25e1a0ad2a2c7ba4e.jpgBuku Kebijakan Publik (Penulis : Hayat, S.AP., M.Si. Dosen FIA Unisma Malang). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Selain itu, formulasi kebijakan juga menjadi aspek yang tidak bisa dilewatkan. Formulasi kebijakan dimaksudkan untuk merencanakan apa yang diputuskan dan diambil kebijakannya. Merencanakan perencanaan formulasi kebijakan diperlukan konsep formulasi yang dapat dirumuskan dan diputuskan dalam kebijakan publik.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Penulis bukan hanya membahas mengenai kebijakan publik dengan melihat “kacamata” formulasi dan evaluasinya saja tetapi, penulis juga memberi gambaran jika formulasi kebijakan publik telah tepat, maka akan berdampak baik bagi penilaian kinerja atau prestasi bagi karyawannya.

Penilaian kinerja tentunya diberikan oleh seorang pimpinan sebagai evaluasi terhadap karyawan tentang tugas dan tanggung jawabnya. Hal ini semata-mata demi reformasi birokrasi, Good Governance dam tentunya masyarakat juga negara, Buku ini dapat menjadi “acuan” untuk memahami segala aspek kebijakan publik juga sebagai pedoman dalam menentukan kebijakan publik dan mempermudah mahasiswa dan tenaga pengajar dalam mencari referensi bahan pembelajaran mengenai kebijakan publik.

Kebijakan publik merupakan hal yang harus dipikirkan dengan baik mengingat terciptanya suatu negara yang maju adalah terletak dari bagaimana kebijakan publik itu dibuat dan diterapkan. Kebijakan publik menjadi sesuatu yang diharapkan demi terciptanya masyarakat dengan ekonomi, kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang setara.

Buku ini banyak membahas bukan saja tentang pengertian, ada juga konsep,prinsip dan lainnya yang memberi penjelasan secara terperinci sehingga membuat pembaca lebih mudah memahami tentang kebijakan publik. Selain itu,terdapat banyak teori dari para ahli yang membuat pembaca tidak hanya memahami dari satu teori saja, pembaca dapat memahami dari beberapa pandangan, ditambah lagi seperti sudah dijelaskan diatas, buku ini disugguhkan bukan untuk sekedar membahas kebijakan publik, tetapi segala aspek yang mengikuti kebijakan publik, seperti penilaian kerja, reformasi birokrasi dan juga Good Governence yang sesungguhnya. (*)

Jurnalis : Humas Unisma
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Registration