Selasa, 12 November 2019
Kopi TIMES

Revitalisasi Kebijakan Publik

Revitalisasi Kebijakan Publik Mochammad Nahdi Mubarok (Mahasiswa Unisma Malang). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Minggu, 10 November 2019 - 08:44

TIMESINDONESIA, MALANGBUKU Kebijakan Publik: Evaluasi, Reformasi, Formulasi yang ditulis oleh Hayat (Dosen Program Studi Administrasi Publik Universitas Islam Malang) berisikan tentang struktur Kebijakan Publik implan yang menjadi evaluasi dalam penanganan kebijakan publik modern. Pada dasarnya kebijakan publik menjadi model penilaian kinerja dalam konsep dan metode pelayanan publik yang efektivitas dan efisiensi.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kebijakan Publik mrupakan suatu penanganan atau keputusan yang mempunyai sifat dan tujuan nyata untuk bersama, maka dari itu kebijakan publik menjadi hal yang selama ini menuai kritik. Dalam buku ini, kebijakan publik menjadi stigma yang harus di evaluasi agar struktur kebijakan publik menciptakan inovasi-inovasi baru dalam setiap masa kepemerintahan yang menjadi satu wujud yang paling nyata, dengan menciptakan pelayanan publik guna mensejahterakan rakyat.

Setiap kebijakan publik terdapat kajian, dimana kajian tersebut memerlukan penguasaan dalam pengkajian yang dilakukan oleh analisis kebijakan. Administrasi negara menjadi fokus terhadap kebijakan publik, begitu pula kebijakan publik yang memfokuskan terhadap pelayanan publik. Dari buku ini kita mengetahui pelayanan apa yang menjadi  haknya, siapa yang bisa mendapatkannya, apa persyaratannya, dan dalam bentuk apa pelayanan tersebut.

Buku-Kebijakan-Publik-25e1a0ad2a2c7ba4e.jpg

Buku Kebijakan Publik (Penulis : Hayat, S.AP., M.Si. Dosen FIA Unisma Malang). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Buku ini menjadi rujukan yang tepat bagi akademisi pemerintahan, mahasiswa, maupun masyarakat umum, karena buku ini menjadi dasar paradigma baru yang tepat di dalam era reformasi saat ini. Pada dasarnya kebijakan publik menjadi suatu hal praktis yang menjadi stigma masyarakat, serta kewajiban bagi masyarakat untuk membaca buku kebijakan publik dari Hayat ini, karena dalam buku ini banyak memuat tentang proses, konsep, dan tujuan kebijakan publik, juga terdapat reformasi birokrasi pada pelayanan publik dalam menciptakan good governance.

Konsep dan prinsip-prinsip kebijakan publik dalam buku ini sangat jelas pelaksanaannya dalam rangkaian terstruktur, yaitu formulasi kebijakan, implementasi kebijakan, dan evaluasi kebijakan. Maka hal ini yang dapat dipahami dan dimengerti bagi orang yang membacanya. Selain itu terdapatnya inisiatif baru yang pada dasanya menjadi pelaksanaan secara sistematis dalam merumuskan masalah seacara efisien dengan berdasarkan peraturan-peraturan hukum yang tepat.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Selain itu, dalam buku ini juga menjelaskan kualitas pelayanan publik serta partisipasi masyarakat yang juga menjadi fokus dalam penanganan kebijakan publik, karena setiap keputusan-keputusan yang muncul dalam kebijakan, menjadi indeks kepuasan masyarakat yang selayaknya mendapat hak-hak pelayanan yang baik.

Dari penanganan yang baik itu, haruslah terdapat peraturan perundang-undangan yang tepat, sistem dan pembiayaan yang jelas, serta terdapatnya control publik yang dimana mekanisme ini bisa tercipta agar masyarakat mengetahui apakah ada isu atau penyimpangan terhadap penanganan yang dilakukan oleh ASN (Aparatur Sipil Negara) pada pelayanan publik.

Namun disamping banyaknya kelebihan dalam buku ini, tentu saja terdapat kekurangan, yaitu sulitnya untuk mendapatkan buku ini dikalangan umum yang hanya dijual di media online atau di toko buku internal kampus, sulit ditemukan untuk di bookstore atau toko-toko buku umum sehingga menyulitkan masyarakat umum menemukan buku ini. (*)

Jurnalis : Humas Unisma
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Registration