Peristiwa - Daerah

Menyelami Rasa Sukur Warga Desa Lokasi TMMD 106 Cilacap: Doa Kami Dikabulkan, Terima Kasih Pak TNI

Menyelami Rasa Sukur Warga Desa Lokasi TMMD 106 Cilacap: Doa Kami Dikabulkan, Terima Kasih Pak TNI TNI dan warga bergotong royong membedah rumah warga desa penerima program RTLH TMMD 106 Cilacap. (foto-foto: Joko Wiyono/TIMES indonesia)
Minggu, 10 November 2019 - 04:37

TIMESINDONESIA, CILACAP – Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, lokasi TMMD 106 Kodim Cilacap, Rabu (6/11/2019). Matahari belum keluar dari peraduannya. Angka jam digital di handphone nokia jadul Salam masih menunjukkan angka 05.11. 

Lelaki 51 tahun ini dengan wajah sumringah. "Kulo mboten nyongko gadah griyo ngeten. Alhamdulillah Ya Allah. Matur suwun bapak-bapak tentara (Saya tak menyangka memiliki rumah beginj. Alhamdulillah Ya Allah, terima kasih TNI)," ucapnya berkali-kali saat melihat-lihat rumah barunya.

Tampak matanya berkaca-kaca. "Mugi Gusti pinaringan balesan. Kulo boten saget bales nopo-nopo (Semoga Allah memberi balasan setimpal. Saya tidak bisa membalas apa-apa)," ucap Salam yang sehari-hari bekerja serabutan di kampungnya.

Rumah milik Salam terpilih mendapat rehab program RTLH TMMD Kodim Cilacap. Ada 20 rumah di program RTLH selama program berlangsung. Salah satunya adalah milik Salam.

TMMD-Cilacap-a.jpg

Sedang 19 lainnya milik Sawin (67); Nadir (53); Arif Hermanto (49); Jahidin (27); Darsim (48), Ahmad Sodikin (45); Sanarja Ratam (60), Satiyem (69), Sujarwo (60), Sanarja Sawin (65); Suripto (37), Santi Putri (24), Yatini (43); Sahidin Sadim (67),  Tri Iswono (34);     Lina Susanti (30); Edi Riyanto (33); Ratiwan (47);  Katinem (44); Sunarti (56); dan Suwarti (60).

Para penerima program RTLH ini merasa bersyukur dengan hadinya program ini. Betapa tidak. Rumah mereka yang sebelumnya jauh dari layak huni, sekarang sudah pasti layak huni.

"Saya tidak bisa berkata-kata. Yang ada hanya terima kasih sebesar-besarnya. Mewakili warga saya, kami ucapkan ribuan terima kasih pada Pak Dandim dan bapak-bapak TNI lainnya,"  ucap Sahidin Sadim, ketua RT 02, yang juga penerima program RTLH. 

Kebanyakan penerima program ini, kata Sahidin, adalah para penduduk desa yang kemampuan ekonominya tergolong rendah. Mulai dari pekerja serabutan, janda, yatim dan sudah tua usianya. 

"Mereka inilah yang menjadi sasaran program TMMD 106 ini. TNI bersama rakyat desa ini bahu membahu membantu mereka," ujar Dandim 0703 Cilacap Wahyo Yuniartoto, S.E. M.Tr.(Han) yang juga Dansatgas TMMD 106 Kodim Cilacap usai penutupan program ini.

TMMD-Cilacap-b.jpg

Dandim juga menyampaikan terima kasih pada Pemda Cilacap beserta SKPD lainnya. Juga pada forkopimda Cilacap. "Kita semua bahu membahu, gotong royong, dan menyatu dengan masyarakat desa. Ini sebuah perjuangan yang luar biasa. Terima kasih Pak Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan semuanya," ujar Dandim.

Dari Pemancingan hingga Perpus Andong

Program TMMD 106 Kodim Cilacap ini bensr-benar total. Semua segmen disasar untuk perubahan Desa Cilibang menjadi lebih baik. Tidak hanya sarnaa fisik, tapi juga upaya perbaikan SDM dan wawasan kebangsaan warganya.

"Saya kaget juga. Perpustakaan Andong yang digagas Kodim Cilacap menjadi viral. Ini pasti akan bisa menjadi motivasi desa lain dan khususnya Dinas Pendidikan Cilacap," ucap Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Selain program-program ikonik, TMMD 106 juga membawa perubahan di desa ini. Setidaknya aspek afektif perubahan perilaku masyarakatnya. Hal ini diakui sejumlah warga desa. Mereka menjadi mengerti dan tahu makna sesungguhnya tentang gotong royong dan kehadiran TNI di tengah-tengah mereka.

Gotong royong bagi warga desa memang sudah jadi kebiasaan. Namun hadirnya TNI, semangat mereka menjadi berlipat. "Mungkin ini yang sering dikatakan bapak-bapak tentara itu sebagai wujud manunggalnya TNI dan rakyat. Kami sangat merasakan manfaatnya," ucap Arif Hermanto, (49), warga Dusun Kaliau, RT. 01 RW 02, Desa Cilibang. 

Karena manunggalnya TNI dan rakyat di program TMMD ini, hasil nyata pun tampak. Ada pembangunan jalan usaha tani sepanjang 450 meter. Jalan selebar 2.5 meter ini menghubungkan Dusun Kalirau dan Dusun Kramaceni.

TMMD-Cilacap-c.jpg

Lalu ada pembangunan rumah tinggal layak huni (RTLH) sebanyak 20 unit. Ada pula pembangunan destinasi wisata Pemancingan Kramacenil dengan memanfaatkan sungai. Di bidang peningkatan wawasan kebangsaan ada pelaksanaan rutin wasbang, dan ranah pendidikan ada program Andong Perpustakaan Keliling untuk meningkatkan minat baca.

"Kreativitas destinasi wisata pemancingan ini sangat kreatif dan belum terpikirkan sebelumnya. Benar-benar sangat membantu warga desa menikmati potensi desanya. Kami sangat berterima kasih sekali," ujar Cilacap.

Karenanya, dengan program TMMD 106 Kodim Cilacap ini, pemerintah sangat mendukung. Demikian pula warga desa lokasi TMMD. "Terima kasih Ya Allah, engkau kabulkan doa-doa kami. Terima kasih TNI," ucap warga desa. (*)

Jurnalis : Joko Wiyono
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration