Peristiwa - Daerah

Wali Kota Madiun Targetkan, Tahun Depan Madiun Bonsai Festival akan Berkelas Nasional

Wali Kota Madiun Targetkan, Tahun Depan Madiun Bonsai Festival akan Berkelas Nasional Wali Kota Madiun H. Maidi meninjau stand pameran bonsai di Taman Hutan Kota Madiun. (Foto: Ito Wahyu U/TIMES Indonesia)
Sabtu, 09 November 2019 - 23:57

TIMESINDONESIA, MADIUN – Keberadaan Taman Hutan Kota Madiun semakin ramai dengan dilangsungkannya pameran Madiun Bonsai Festival 2019. Ratusan tanaman bonsai dari peserta berbagai daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah tertata apik di sekitar Taman Hutan Kota Madiun.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 7-14 November mendatang ini selalu menjadi jujugan warga pecinta tanaman hias baik dari masyarakat sekitar atau luar. Terlebih keberadaan taman di sekitar jalur nasional atau Jl. Basuki Rahmat ini memudahkan warga untuk berkunjung.

Maidi-2.jpg

Wali Kota Madiun H. Maidi, usai meresmikan  "Madiun Bonsai Festival 2019", Sabtu (9/11/2019) malam, mengapresiasi gelaran yang baru pertama kali di kota ini.

Dalam sambutannya Maidi menyatakan pemerintah daerah akan selalu berusaha memfasilitasi semua kegiatan masyarakat yang positif dan berpengaruh baik bagi Kota Madiun. Diakuinya Taman Hutan Kota sangat tepat jika digunakan untu kegiatan pameran bonsai atau tanaman hias yang lain.

“Di sini sangat pas digunakan untuk pameran bonsai. Untuk kegiatan yang berhubungan dengan tanaman, sangat cocok jika digelar disini,” ujarnya.

Bahkan Maidi juga meminta kepada pihak panitia ataupun komunitas bonsai Madiun untuk mengadakan acara pameran yang lebih besar dengan standar nasional. Dengan begitu maka peserta dipastikan jadi lebih banyak. Dan Kota ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas dengan kreatifitas baru yang terus bermunculan.

Maidi-3.jpg

"Nanti di sini bisa jadi tempat berkumpulnya para penghobi bonsai. Hobi berjalan, ekonomi kreatif juga produktif. Bonsai ini seninya tinggi dan dan punya nilai jual tinggi juga,” jelasnya.

Sementara Ketua Panitia Madiun Bonsai Festival 2019 Wignyo Yulianto mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Madiun yang telah memfasilitasi untuk komunitasnya menggelar acara.

Pihaknya tidak menyangka, antusiasme para penghobi bonsai di Madiun sangat tinggi. Bahkan mampu menghadirkan peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah. “Madiun Bonsai Festival ini baru pertama kali diadakan, padahal sekarang tingkatnya masih lokal tapi peserta yang ikut pameran mencapai ratusan. Bahkan ada juga dari luar kota” jelas Wignyo.

Diakui Wignyo berdasar dari data yang ada jumlah peserta pada festival ini sebanyak 245 peserta. Mereka merupakan penggemar bonsai yang ada di Jawa Timur, dan beberapa daerah dari Jawa Tengah. “Tujuan kita untuk memasyarakatkan bonsai. Terima kasih juga atas suport dari Pemkot,” imbuhnya.

Seperti di ketahui Madiun Bonsai Festival 2019 digelar pada 7-14 November 2019. Kegiatan ini berlangsung di Taman Hutan Kota Madiun yang berada di Jalan Basuki Rahmad Kota Madiun. (*)

Jurnalis : Ito Wahyu Utomo (MG-204)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madiun

Komentar

Registration