Kesehatan

Biasakan Anak Selalu Tidur Siang, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Minggu, 10 November 2019 - 02:22 | 51.62k
ILUSTRASI - Anak Tidur Siang. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Anak Tidur Siang. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTATidur siang memberikan banyak manfaat penting untuk anak-anak. Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan yang lebih optimal, dibandingkan anak yang jarang atau sama sekali tidak tidur siang. Hal ini disebabkan hormon pertumbuhan akan lebih aktif berproduksi saat anak tidur di siang hari.

Berikut ini berbagai manfaat tidur siang bagi anak-anak.

1. Memperbaiki suasana hati anak

Menurut beberapa penelitian, anak yang sudah tidur siang cenderung memiliki suasana hati yang menyenangkan dibandingkan anak yang belum tidur siang.

2. Konsentrasi anak lebih fokus

Dalam penelitian yang pernah dilakukan, anak usia sekolah yang rutin tidur siang akan lebih fokus untuk belajar dibandingkan anak yang tidak tidur siang. Selain itu, mereka juga akan lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah di malam hari.

3. Meningkatkan daya ingat anak 

Tidur siang yang rutin pada anak, menurut penelitian yang dilakukan University of Massachusetts Amherst, dapat meningkatkan daya ingat. Efeknya, proses belajar anak pada anak usia sekolah menjadi lebih optimal.

4. Mencegah obesitas 

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa anak yang tidak tidur siang memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas dibandingkan anak yang rutin tidur siang.

Waktu tidur siang pada anak sangat berharga karena banyak manfaatnya. Untuk itu, jadikan hal ini kebiasaan anak sedini mungkin. Tapi ingat, tetapi jadikan waktu tidur siang anak menjadi hal yang menyenangkan dan tanpa paksaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES