Peristiwa Nasional

Kementerian PUPR RI Berupaya untuk Bantu Daerah Membangun TPA Regional

Sabtu, 09 November 2019 - 23:19 | 66.73k
Ilustrasi pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir sampah skala regional. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Ilustrasi pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir sampah skala regional. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) terus berupaya meningkatkan kapasitas pengelolaan sampah di daerah antara lain dengan membantu pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir sampah skala regional (TPA Regional) .

Menurut Menteri PUPR RI, pembangunan TPA adalah bagian dari sistem sanitasi perkotaan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan produksi sampah rumah tangga dari masyarakat.

TPA-Regional-2.jpg

“Pembangunan TPA Sampah Regional sangat efisien dalam mengolah sampah kawasan. Namun program ini tidak akan berjalan tanpa dukungan dari Pemerintah Kabupaten atau Kota, terutama dalam penyediaan lahan,” ujar Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Dukungan yang dimaksud, salah satu contohnya, adalah pembangunan TPA Regional Mamitarang yang dibangun Kementerian PUPR RI di atas lahan milik Pemprov Sulawesi Utara.

Saat ini, pembangunan TPA Regional Mamitarang diawali oleh Dinas PUPR Pemprov Sulut dengan membangun jalan akses menuju TPA dengan biaya APBD Pemprov Sulut.

"Selanjutnya dukungan dilakukan Kementerian PUPR mencakup pembangunan lahan urug (landfill), Intalasi Pengolahan Lindi seluas 8,7 Ha, dan kolam Instalasi Pengolahan Air Lindi yang terdiri dari unit Screen, Equalisasi, Anaerobik, Fakultatif, Maturasi, dan Wetland," ungkap Menteri PUPR RI.

Menurutnya, TPA Regional Mamitarang yang dibangun ini adalah salah satu bentuk dukungan Kementerian PUPR RI untuk mendukung pengembangan Kawasan Pariwisata Manado-Bitung-Likupang sebagai salahsatu destinasi wisata prioritas yang dicanangkan Presiden Jokowi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Kementerian PUPR

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES