Selasa, 12 November 2019
Olahraga

555 Atlet Renang Pelajar Bersaing di Danrem Cup 2019

555 Atlet Renang Pelajar Bersaing di Danrem Cup 2019 Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Zainuddin usai mengalungkan medali dan memberikan selamat kepada atlet renang yang juara. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Sabtu, 09 November 2019 - 14:28

TIMESINDONESIA, MALANG – Kemeriahan lomba renang yang dimotori oleh Korem 083/Baladhika Jaya jelas terlihat dari antusiasme masyarakat. Tercatat sebanyak 555 atlet renang pelajar se-Malang Raya mengikuti lomba ini. Mereka memperebutkan Danrem Cup 2019

Ratusan peserta itu berasal dari berbagai lembaga pendidikan dan klub renang di penjuru Malang Raya, yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. 

Danrem-Renang-2.jpg

Peserta datang dengan supporter masing-masing lembaga binaan, beserta keluarganya. Tribun Kolam Renang Tirta Marabunta Rampal, Kota Malang, dipadati ratusan penonton, Sabtu (9/11/2019).

Koordinator pelaksana teknis Eko Budi Santoso melaporkan, lomba tersebut dibagi menjadi beberapa segmen dan kualifikasi.

Pembagian kelompok tersebut adalah kelompok umur SLTA putra putri, SLTP Putra Putri, SD Putra Putri sampai dengan TK.

"Ada 6 kelompok umur, jadi kita bagi sesuai dengan kesepakatan bersama. Kelompok umur SD dibagi 3 kelompok. Yaitu SD A (kelas 5-6, SD B (kelas 3-4), SD C (kelas 2 ke bawah). Kelompok umur SLTP kelas 1, 2, 3. Kelompok umur SLTA kelas 1, 2, 3. Dan terakhir kelompok umur terbuka, ini meliputi anggota TNI, mahasiswa dan masyarakat umum," bebernya. 

Pria yang juga Ketua Umum PRSI Kota Malang itu lanjut menjelaskan bahwa lomba renang yang digelar melombakan empat gaya yaitu kupu, dada, bebas, dan punggung.

"Untuk hadiah, nomor acara yang kita lombakan ada 88 nomor acara. Dan untuk juara 1, 2, dan 3 disiapkan medali dan piagam. Dari kelompok umur ini kita akan pilih pemenang terbaik di masing-masing umur. Jadi ada enam kelompok umur putra putri kiya berikan tropi dan penghargaan uang tabungan dari Danrem," bebernya.  

Danrem-Renang-3.jpg

Ke depan, kata Eko, pihaknya akan mempertimbangkan para atlet yang berprestasi dalam hasil ajang ini. Ada kriteria yang nantinya akan diambil dari beberapa atlet untuk persiapan bibit-bibit yang akan diajukan di kegiatan atau kompetisi berkelas.

Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Zainuddin pun hadir membuka dan memantau lomba renang tersebut. Menurut Danrem, pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk bisa menggunakan fasilitas keolahragaan yang telah tersedia, seperti kolam renang ini. 

"Apalagi, renang ini salah satu olahraga yang terukur dan butuh proses. Nah proses ini lah yang harus kita hargai," tutur pria kelahiran Palembang itu. 

Banyak pelajaran yang bisa disalurkan di ajang perlombaan ini. Misalnya, jiwa sosial yang mempertemukan antar pelajar satu sekolah dengan sekolah lainnya. 

"Ini juga meningkatkan jiwa kesadaran sosial kita, karena semua berinteraksi disini. Saling mendukung dan menjunjung tinggi sportivitas," ujarnya. 

Hadir pula dalam acara ini Ketua KONI Kota Malang Eddy Wahyono. Dia mengapresiasi acara yang diinisiasi Korem 083/Baladhika Jaya ini. Eddy mengimbau peserta lomba yang berebut Danrem Cup 2019 untuk sportif dan pantang menyerah, karena membesarkan dunia olahraga butuh militansi dan totalitas. (*)

Jurnalis : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration