Ketahanan Informasi

Program RTLH dan Jambanisasi Wujud Pemkot Madiun Penuhi Kebutuhan Rumah Layak Huni

Program RTLH dan Jambanisasi Wujud Pemkot Madiun Penuhi Kebutuhan Rumah Layak Huni Sejumlah pekerja melakukan pembangunan RTLH dan jambanisasi. (FOTO: Istimewa)
Sabtu, 09 November 2019 - 10:03

TIMESINDONESIA, MADIUN – Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) tahun ini memberikan bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Jambanisasi. Bantuan RTLH diberikan kepada 129 KK sedangkan bantuan jambanisasi diterimakan kepada 58 KK. Program tersebut sebagai upaya memenuhi kebutuhan rumah layak bagi masyarakat di Kota Madiun. 

Kepala Bidang Perumahan, Penataan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun, R.M Danardono mengatakan, dalam pembangunan RTLH tahun ini rata-rata kebutuhan masyarakat pada perbaikan rumah di bagian atap. Sedangkan untuk jumlah atau nilai anggaran yang diterima masing-masing KK untuk Program RTLH maksimal Rp 10 juta dan maksimal Rp 5 juta untuk program jambanisasi. 

Program-RTLH-dan-Jambanisasi-2.jpg

Menurutnya sejak program tersebut dicanangkan saat ini sudah mencakup 99 persen warga di Kota Madiun. Sedangkan untuk progres pengerjaan saat ini sudah mencapai 60 persen dan diharapkan dapat diselesaikan sebelum akhir bulan Desember mendatang.

Program-RTLH-dan-Jambanisasi-3.jpg

"Progresnya sudah sekitar 60 persen. Kebanyakan untuk RTLH pada perbaikan bagian atapnya," ujar Danardono.

Diakuinya program ini sangat efektif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terhadap kebutuhan rumah layak. Sehingga untuk rencana tahun 2020 program tersebut masih tetep dilaksanakan. Namun untuk warga penerima bantuan baik RTLH maupun jambanisasi merupakan usulan hasil dari lingkungan tiap-tiap kelurahan.

"Tahun depan dimungkinkan masih ada program tersebut. Nanti usulan bagi penerima program dasarnya juga dari SK Kemensos," imbuhnya.

Seperti diketahui Program RTLH dan jambanisasi sebagai salah satu upaya pemkot untuk menanggulangi kemiskinan. Dalam pelaksanaan kegiatan ini juga melibatkan tim pelaksanana kegiatan (TPK) masing masing kelurahan. (*)

Jurnalis : Admin DPKP Kota Madiun (CR-157)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Registration