Indonesia Positif

Pemkab Bantul Berharap UPPKS Jadi Pilar Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga

Sabtu, 09 November 2019 - 09:47 | 155.80k
Showroom UPPKS Dlingo untuk wujudkan ketahanan keluarga. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Showroom UPPKS Dlingo untuk wujudkan ketahanan keluarga. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANTUL – Kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui pola pemberdayaan yang ditempuh dengan cara mengembangkan potensi lokal. Strategi itu ditempuh agar kearifan yang menjadi pusat tumbuh kembang masyarakat menjadi modal untuk menggapai kehidupan yang lebih baik menuju terwujudnya ketahanan keluarga.

Salah satu yang terus berupaya maju adalah UPPKS di kecamatan Dlingo, Bantul. Kelompok ini bahkan berani menggelar karya usahanya dengan membuat showroom UPPKS di wilayah hutan pinus Dlingo tepatnya kompleks taman literasi Muntuk.

Showroom-UPPKS-Dlingo-2.jpg

"Keberanian menggelar produk di kios ini karena perekonomian ibu-ibu agar meningkat sebab jika mengandalkan pemasaran di rumah tidak bisa optimal," jelas Tukirah ketua kelompok yang sekaligus juga kader UPPKS Dlingo.

Camat Dlingo, Deni Ngajis Hartono, SSTP, MPA mengatakan dengan adanya antusias kelompok yang begitu bersemangat maka pemerintah berusaha memfasilitasi tempat yang strategis.

Showroom-UPPKS-Dlingo-3.jpg

"Alhamdulillah kami bekerja sama dengan desa dapat memfasilitasi menyediakan lahan dan kios untuk menampung dan memasarkan produk-produk rumah tangga binaan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Bantul dalam bingkai UPPKS di lokasi strategis pusat wisata alam Dlingo," jelas Deni.

Kawasan lokasi ini memang berada di pusat obyek wisata alam hutan pinus yang sedang dikenal banyak pihak bahkan satu titik diantaranya, Puncak Becici pernah dikunjungi mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Kelompok ini menggelar dagangan berupa makanan ringan, peyek, kerupuk, minuman instan dan produk pertanian seperti terong, lombok, pete dan bawang putih. Pemerintah daerah berharap UPPKS di Dlingo ini dapat dijadikan contoh keberanian masyarakat yang berusaha mandiri serta menjadi pilar terwujudnya ketahanan keluarga yang tangguh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES