Selasa, 19 November 2019
Ketahanan Informasi

SDK Santa Maria II Dongkrak Semangat Literasi Membaca Kitab Suci

SDK Santa Maria II Dongkrak Semangat Literasi Membaca Kitab Suci Literasi Kitab Suci. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Sabtu, 09 November 2019 - 09:14

TIMESINDONESIA, MALANGSDK Santa Maria II Kota Malang mendobrak semangat anak-anak untuk membaca di usia dini. Salah satu kebiasan baik yang diterapkan adalah 'Literasi Paripurna Membaca kitab Suci'.

Gerakan literasi bersama membaca kitab suci ini dilaksanakan oleh seluruh siswa – siswi kelas 1 – VI. Yang dilaksanakan wajib di setiap hari kamis di jam khusus literasi (sebelum jam pelajaran berlangsung)

Literasi-Kitab-Suci-2.jpg

Pada TIMES Indonesia, Sr Veronique Marie SPM menjelaskan gerakan literasi anak ini mendukung program pemerintah yang mengajak semua komunitas pendidikan memulai kebiasaan untuk membaca sejak dini. Selain itu, karena sekolah kami berciri khas katolik, kami mengupayakan mengajak anak untuk mengenal bacaan Kitab Suci yang dikemas secara menarik dan mudah dipahami anak.

Literasi-Kitab-Suci-3.jpg

Gerakan Literasi ini dipandu oleh buku panduan khusus Paripurna Membaca Kitab Suci yang dibuat secara khusus dari Delegatus Kitab Suci Banjarmasin. Anak diajak untuk membaca Kitab Suci yang sudah di tulis per ayatnya. Sehingga anak mudah mencari dan menandai kalau sudah selesai membaca. Selain literasi di dalam kelas, anak juga diajak untuk melihat langsung kisah di dalam kitab suci melalui film pendek, dan diberikan kuis interaktif untuk melihat sejauh mana anak membaca dan memahami Kitab Suci.

Diharapkan gerakan literasi Paripurna Kitab Suci di SDK Santa Maria II Kota Malang ini menginspirasi bagi banyak orang untuk memulai membaca kitab suci sejak dini. Dan anggapan membaca Kitab Suci membosankan, itu dapat berubah menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. (*)

Jurnalis : Vincen FH (CR-166)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Registration