Peristiwa Daerah

Maulid Nabi 2 Gunungan dan 99 Ingkung Ayam di Arak Berkeliling Kampung

Sabtu, 09 November 2019 - 12:27 | 142.08k
2 Gununga di perebutkan masyarakat saat usai acara doa. (foto: Evita Mukharomah/TIMES Indonesia)
2 Gununga di perebutkan masyarakat saat usai acara doa. (foto: Evita Mukharomah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Dua Gunungan hasil bumi beruapa buah - buahan dan 99 ingkung ayam diarak dalam acara grebeg maulid Nabi Muhammad di Dusun Ngrambang, Desa Pondok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu ( 9/11/2019).

"Tradisi peringatan kelahiran Nabi Muhammad ini dilakukan rutin setiap tahunnya dan sudah berlangsung lima generasi," ungkap Syahrudin panitia grebek maulid Nabi.

grebeg-maulid-Nabi-Muhammad-b.jpg

Syahrudin menjelaskan, gunungan yang terdiri atas gunungan lanang dan gunungan wadon sebagai simbul kerukunan masyarakat di kehidupan sehari-hari. Ke dua Gunungan tersebut diarak dan diikuti tumpeng ikung ayam serta hiburan rakyat berupa kesenian unta-untaan, gajah-gajahan, karnaval budaya dan dan drum band. Semuanya berjalan kaki menuju Masjid Al-Hasan Dusun Grambang. "Masjid peninggalan atau warisan Mbah Nur Qoiman cikal bakal babatnya Dusun Ngrambang," katanya

grebeg-maulid-Nabi-Muhammad-c.jpg

Di dalam masjid Al-Hasan juga digelar berjanjen yang artinya melantungkan ayat - ayat suci Alquran dengan bersholawatan saling bersautan dengan irama lagu sholawat Nabi. Suasana  kesakralan pun nampak. Tradisi berjanjen diikuti sekitar 40 sesepuh Masjid Al-Hasan.

grebeg-maulid-Nabi-Muhammad-d.jpg

Syahrudin meyakini acara grebeg maulid Nabi Muhammad yang digelar setiap tahun dengan arak-araka dua gunungan ini bakal meningkatkan daya tarik wisata sebagai budaya yang di miliki Dusun Ngrambang Desa Pondok Kacamatan Babadan, Ponorogo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES