Wisata

Festival Songgokerto #2 Angkat Kopi dan Jagung Bakar Songgoriti 

Festival Songgokerto #2 Angkat Kopi dan Jagung Bakar Songgoriti  Suasana puncak Festival Songgokerto #2 yang dihadiri Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si. (foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Sabtu, 09 November 2019 - 09:21

TIMESINDONESIA, BATUFestival Songgokerto Peduli #2 kembali digelar dengan tema besar mempromosikan Kopi Songgoriti dan Jagung Bakar Songgoriti.

Puncak Festival Songgokerto yang dilaksanakan Sabtu (8/11/2019) malam ini  akan dihadiri oleh Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si dan Lurah Songgokerto, Dian Saraswati.

Nama Kopi Songgoriti yang pernah meraih juara kedua dalam hal cita rasa nasional kembali dipromosikan kepada khalayak. 

Begitu juga pedagang jagung bakar Songgoriti yang saat ini mengalami masa surut dipromosikan kembali kepada khalayak sebagai salah satu destinasi wisata legendaris di Kota Batu, Jawa Timur yang tak lekang oleh zaman. 

Suasana-puncak-Festival-Songgokerto-b.jpg

"Festival Songgokerto Peduli ini sebenarnya kegiatan rutin yang selalu kita laksanakan setiap tahun, saat ini menginjak tahun kedua," ujar Dian Saraswati. 

Kegiatan yang didukung Dinas Pariwisata Kota Batu ini dilaksanakan sebagai rangkaian HUT ke 18 Kota Batu yang rangkaiannya sudah dilaksanakan bulan lalu. 

Berbagai kegiatan dilaksanakan, mulai dari peduli lingkungan seperti kerja bhakti membersihkan wilayah masing-masing sekaligus tanam pohon. 

"Kita juga mengangkat kopi Songgoriti dan paguyuban jagung bakar payung yang selama ini sedikit terpinggirkan dengan mengundang Pokdarwis," ujar Dian. 

Selain itu sebagai kepedulian terhadap anak, dilaksanakan lomba mewarna yang diikuti seluruh PAUD se Songgokerto. 

Kepedulian terhadap perempuan juga ditunjukkan lewat lomba yel yel, lomba kreativitas dan sanduk kolosal. Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batu, Ny Wibi Asri Fianti. 

"Malam ini puncaknya, kami tunjukkan kepedulian kita terhadap seni dan budaya Songgokerto. Keberadaan kita tidak bisa lepas dari Candi Songgoriti, sebagai situs tertua di Kota Batu, tapi banyak yang belum tahu," ujarnya. 

Dilaksanakan pula tarian kolosal yang diikuti semua elemen masyarakat mulai dari SD, SMP, SMA, Linmas hingga kelompok Sanduk. 

Suasana-puncak-Festival-Songgokerto-c.jpg

Untuk pertunjukkan ini, warga Kelurahan Songgokerto berlatih beberapa minggu dibantu oleh Dinas Pariwisata Kota Batu. 

"Kita berharap selepas kegiatan ini warga semakin guyub dan bisa membangkitkan potensi yang belum tersentuh," katanya. 

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si memberikan apresiasi dilaksanakannya kegiatan ini. 

"Karena masyarakat dan Bu  Lurahnya luar biasa, selain menggali potensi disekeliling kita, rasa gotong royong dan keguyuban lebih terjalin di acara ini," ujarnya. 

Ia berharap kegiatan Festival Songgokerto Peduli terus berlanjut, sehingga tidak hanya kesejahteraan yang meningkat keguyuban tetap terjalin erat dan Kopi Songgoriti kembali bergaung di kancah nasional.(*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration