Pemerintahan

Kementerian PUPR RI dan Kementan RI Sinergikan Program Ketahanan Pangan 5 Tahun ke Depan

Kementerian PUPR RI dan Kementan RI Sinergikan Program Ketahanan Pangan 5 Tahun ke Depan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono menggelar pertemuan dengan Menteri Pertanian RI (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo di Kantor Kementerian PUPR RI, Jumat (8/11/2019). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Sabtu, 09 November 2019 - 00:09

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono menegaskan pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi merupakan komitmen Kementerian PUPR RI dalam mendukung terwujudnya ketahanan air dan ketahanan pangan nasional.  

Hal itu disampaikan usai bertemu Menteri Pertanian RI (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo di Kantor Kementerian PUPR RI, Jumat (8/11/2019).

Menurut Menteri Basuki, Kementerian PUPR RI selama periode 2015-2019 telah menyelesaikan pembangunan jaringan irigasi baru seluas 1 juta hektar dan merehabilitasi sekitar 3 juta hektar.

Pembangunan tersebut akan dilanjutkan pada 5 tahun ke depan sekitar 500 ribu hektar jaringan irigasi baru dan merehabilitasi 2,5 juta hektar.

Kementerian-PUPR-RI-b.jpg

 “Pembangunan irigasi akan kita fokuskan pada 15 provinsi yang sesuai juga dengan fokus Kementerian Pertanian sehingga kita sinkron,” kata Menteri Basuki.

Dalam pertemuan dengan Mentan RI Yasin Limpo tersebut, juga dibahas dukungan Kementerian PUPR RI dalam pemanfaatan karet sebagai bahan baku aspal karet.

Menteri Basuki menyampaikan Kementerian PUPR RI pada tahun 2019 telah melakukan penyerapan karet dari petani sekitar 30 ribu ton untuk bahan baku aspal karet.  

“Kalau sebelumnya 30 ribu ton yang kita serap dari petani karet saat harga rendah, nanti ke depan kita tingkatkan sesuai dengan kemampuan PUPR,” kata Menteri Basuki.

Sementara Mentan RI Yasin Limpo mengapresiasi dukungan Menteri Basuki  terhadap program ketahanan pangan, khususnya pada sektor pertanian dan perkebunan selama ini, baik dalam pembangunan jaringan irigasi maupun pemanfaatan aspal karet. “Hari ini komitmen yang paling tinggi dari Kementerian PUPR RI yang kami dapatkan adalah Bapak Menteri Basuki akan mensupport penuh  di bidang pertanian, khususnya pada provinsi-provinsi unggulan di bidang pangan,” kata Menteri Yasin Limpo.(*)

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

Komentar

Registration