Kesehatan

Tubuh Kekurangan Oksigen? Ini Efek Buruk yang Bisa Dirasakan

Sabtu, 09 November 2019 - 06:39 | 574.22k
Ilustrasi Tubuh Kekurangan Oksigen. (FOTO: alodokter)
Ilustrasi Tubuh Kekurangan Oksigen. (FOTO: alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKekurangan oksigen pada tubuh bukanlah hal yang sepele. Tubuh yang kekurangan oksigen bisa mempengaruhi kondisi tubuh. Ada sejumlah gejala fisik yang dapat dirasakan oleh seseorang yang tubuhnya kekurangan oksigen.

Tubuh yang kekurangan oksigen bisa mengakibatkan badan mudah lelah dan selalu lemas, mudah mengantuk sekalipun tidurnya cukup, susah konsentrasi dan agak linglung, serta kepala pusing.

Pada kondisi yang cukup parah, kekurangan oksigen juga dapat menyebabkan wajah pucat kebiruan, pusing atau sakit kepala yang cukup hebat, sesak napas, serta kehilangan kesadaran.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, depresi dan kekurangan oksigen di otak memiliki hubungan yang tidak langsung.

“Seorang yang depresi biasanya akan mengalami gangguan tidur dan gangguan makan. Nah, karena sulit tidur itulah, keesokan harinya penderitanya akan mengalami sakit kepala,” tuturnya.

“Sementara, gangguan makan membuat tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, terutama zat besi. Alhasil, anemia atau kekurangan sel darah merah pun terjadi,” kata dr. Theresia.

Kalau anemia sudah terjadi, maka perjalanan darah untuk membawa pasokan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak, juga akan terganggu. Ujung-ujungnya, gejala fisik di atas pun dialami. Semuanya dapat bertambah parah apabila orang tersebut juga memiliki masalah tekanan darah rendah.

Tubuh kekurangan oksigen dapat disebabkan oleh banyak hal. Jika itu terjadi, tubuh akan lemas dan sering pusing. Pada kasus yang cukup parah, penderita bisa mengalami sesak napas, kulit pucat, hingga hilang kesadaran. Agar kesadaran tetap terjaga dan kondisi membaik, penderita harus mendapatkan penanganan dari dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : klikdokter.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES