Kesehatan

Yuk, Cegah Kanker Paru dengan Kebiasaan Sehat Ini

Sabtu, 09 November 2019 - 02:30 | 65.33k
Ilustrasi Olahraga. (FOTO: Istimewa)
Ilustrasi Olahraga. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidak bisa dianggap sepele, kanker paru adalah penyakit yang bisa dengan mudah merenggut nyawa penderitanya. Meski termasuk penyakit berbahaya, Anda bisa meminimalkan risiko terkena kanker paru. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kebiasaan sehat.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menurunkan risiko terjadinya kanker paru.

1. Jauhi rokok dan asapnya

Untuk yang masih merokok, berhentilah untuk mencegah kemunculan kanker paru dan penyakit lainnya. Untuk yang tidak merokok, jauhkan diri dari paparan asap rokok. Jangan mau jadi perokok pasif karena sama-sama merugikan.

Bila kesulitan untuk berhenti, Anda bisa minta dukungan orang-orang sekitar atau bila perlu minta bantuan profesional.

2. Hindari paparan zat radon

Radon diproduksi oleh pemecahan alami uranium di tanah, batu, dan air yang akhirnya menjadi bagian dari udara bebas. Radon dapat menumpuk di bagian bangunan apa pun, termasuk rumah Anda. 

Anda dapat mengurangi paparan radon dengan melakukan perawatan dan pemeriksaan lingkungan rumah secara berkala.

3. Hindari paparan zat kimia

Menghindari paparan zat kimia arsenik, kromium, dan nikel juga dapat membantu menurunkan risiko kanker paru. Jika pekerjaan menuntut Anda berurusan dengan zat tersebut, gunakan masker dan pelindung pendukung lainnya agar paparannya bisa diminimalkan.

4. Diet bergizi seimbang

Terapkan pola makan sehat dengan meningkatkan konsumsi buah dan sayuran. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi buah dan sayur dapat membantu melindungi paru-paru dari pertumbuhan sel kanker.

5. Berolahraga secara teratur

Mulailah untuk rutin berolahraga, setidaknya 5 kali dalam seminggu dengan durasi masing-masing 30 menit. Pilih jenis olahraga yang paling sesuai dengan minat dan kondisi tubuh. 

Kanker paru adalah penyakit misterius yang dialami siapa saja, bahkan pada orang-orang yang tidak merokok. Cegah kemunculannya dengan melakukan deretan kebiasaan sehat di atas secara disiplin dan teratur, agar penyakit ini tidak menghampiri atau tidak merenggut kebahagian orang-orang yang Anda cintai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES