Selasa, 12 November 2019
Peristiwa - Daerah

KH Masjkur Penerima Gelar Pahlawan Nasional 2019, Ini Peran Penting PCNU Kota Malang

KH Masjkur Penerima Gelar Pahlawan Nasional 2019, Ini Peran Penting PCNU Kota Malang Pahlawan Nasional dari Malang, KH Masjkur. (Foto: Dok TPGP Kota Malang)
Jum'at, 08 November 2019 - 14:50

TIMESINDONESIA, MALANG – Panglima Laskar Sabilillah, KH Masjkur, menjadi Penerima Gelar Pahlawan Nasional 2019 dari Presiden Jokowi. Anugerah itu tidak lepas dari peran besar PCNU Kota Malang sebagai inisiator utama, selain Yayasan Sabilillah. 

Ketua Tim Pengusul Gelar Pahlawan (TPGP) Prof Dr Kasuwi Saiban MAg menjelaskan, setelah berjuang selama dua tahun, akhirnya KH Masjkur dianugerahi gelar Pahlawan Nasional 2019 bersama tokoh lainnya. 

"Alhamdulillah setelah berjuang selama dua tahun, PCNU Kota Malang dan Yayasan Sabilillah dalam pengusulan gelar pahlawan, kini membuahkan hasil," katanya di Malang, Jumat (8/11/2019).

Pengusulan gelar pahlawan ini dimulai Oktober 2017 diinisiasi oleh PCNU Kota Malang dan difasilitasi Pemkot Malang dengan mengadakan seminar di Hotel Grand Palace Malang. Acara tersebut menghadirkan narasumber dari Kemensos RI dan pakar sejarah KH Agus Sunyoto. 

Setelah seminar berlangsung, PCNU Kota Malang dan Yayasan Sabilillah membentuk Tim Pengusul Gelar Pahlawan (TPGP) dan sepakat menunjuk Prof Dr Kasuwi Saiban MAg sebagai ketua. 

Tim bekerja keras secara maraton. Tim pun didukung oleh para akademisi dan peneliti dari enam perguruan tinggi besar di Malang yaitu UB, UM, UIN, UNISMA, UNMER, dan UNIRA. 

"Alhamdulillah setelah dua tahun bekerja dengan tanpa mengenal lelah, kini usaha kami tidak sia-sia setelah ada kepastian penetapan KH Masjkur sebagai pahlawan Nasional yang diumumkan hari ini (Jumat, Red) oleh Presiden Jokowi," ujar Prof Kasuwi.

Penetapan KH Masjkur sebagai Pahlawan Nasional 2019 ini menginspirasi dan mendorong masyarakat untuk meneladani apa yang telah KH Masjkur lakukan dalam memperjuangkan, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan dengan penuh semangat dan ikhlas semata mata menuju ridla Allah.

"Akhirnya saya selaku Ketua Tim Pengusul Gelar Pahlawan atau TPGP mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota tim dan semua pihak yang telah berpartisipsasi sehingga usaha ini berhasil," tandasnya. 

KH Masjkur ditetapkan sebagai Penerima Gelar Pahlawan Nasional 2019 bersama dengan Prof Dr Abdul Kahar Muzakkir tokoh Muhammadiyah asal Yogyakarta, rektor pertama UGM Prof Dr Sardjito dan jurnalis perempuan pertama Ruhana Kuddus. Anugerah ini merupakan hasil kolaborasi dari TPGP dan PCNU Kota Malang beserta tim lainnya. (*)

Jurnalis : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration