Jum'at, 15 November 2019
Peristiwa - Daerah

HUT ke-42, RSUD Sleman Dapat Kado Istimewa Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Nasional

HUT ke-42, RSUD Sleman Dapat Kado Istimewa Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Nasional Bupati Sleman Drs Sri Purnomo dan Plt Direktur RSUD Sleman, Joko Hastaryo ketika menunjukkan penghargaan yang didapatkan RSUD Sleman dari Kementerian PAN dan RB RI. (FOTO: Dok. RSUD Sleman/TIMES Indonesia)
Jum'at, 08 November 2019 - 14:55

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Belum lama ini, RSUD Sleman Yogyakarta berhasil meraih peringkat "Sangat Baik". untuk pelayanan publik.

Penghargaan itu didapatkan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) untuk kategori Pelayanan Publik 2019.

Prestasi tersebut tidak lepas dari komitmen RSUD Sleman dalam rangka mendorong percepatan perbaikan pelayanan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan sebagaimana yang canangkan oleh Kemenp PAN dan RB).

Hal itu sesuai UU Nomor 25 Tahun 2009. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk evaluasi mengacu pada Peraturan Menteri PANRB No. 17/2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. 

Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Nasional yang diperoleh RSUD Sleman terungkap dalam penyampaian hasil evaluasi dan penyerahan penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2019 wilayah III di di Opus Grand Ballroom Jakarta pada 5 November 2019.

Acara tersebut dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan para Kepala Daerah tingkat I, maupun tingkat II wilayah III lainnya.

Sebagai informasi, yang termasuk kategori wilayah III yaitu Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Jawa Tengah, dan D.I Yogyakarta.

Kali ini, terhadap Provinsi Sulawesi Tengah, sedang tidak dilakukan evaluasi. Alasannya, mereka masih dalam tahap pembangunan pascabencana alam. Hanya, satu pemda yang dilakukan evaluasi di provinsi yaitu Kabupaten Banggai. Sehingga, evaluasi pada wilayah III ini meliputi 11 provinsi dan 67 kabupaten/kota.

Pada level provinsi, unit pelayanan yang dievaluasi meliputi DPM-PTSP, RSUD Provinsi, dan SAMSAT. Sedangkan tingkat kabupaten/kota, unit yang dievaluasi melingkupi DPM-PTSP kab/kota, RSUD kab/kota, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Penilaian dalam Evaluasi Pelayanan Publik meliputi aspek-aspek seperti kebijakan pelayanan publik, profesionalisme sumber daya manusia, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, mekanisme konsultasi dan pengaduan dan inovasi pelayanan publik.

Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo mengatakan, evaluasi dan pemberian penghargaan ini dilakukan untuk mempercepat dan meningkatkan pelayanan publik di semua sektor. Menurutnya, kegiatan ini merupakan perintah Presiden Jokowi yang ingin mempercepat dan meningkatkan layanan publik di semua sektor.

Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut dengan didampingi Plt. Kepala Dinas Penananam Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu (DPMPPT) Sleman, Arif Pramana; Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sleman Jazim Sumirat; dan Kepala Dinas Kesehatan Sleman sekaligus plt Direktur RSUD Sleman, Joko Hastaryo.

Bupati Sleman Sri Purnomo menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Pembina Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik beserta 12 orang Kepala daerah lainnya. Selain itu, prestasi menggembirakan juga diraih RSUD Sleman, Dinas Dukcapil dan DPMPPT yang memperoleh kategori sangat baik dalam pelayanan publik.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyampaikan selamat kepada 3 OPD di lingkungan Pemkab Sleman yang berhasil mendapatkan penilaian A- atau sangat baik pada pelayanan publik. Ia berharap, 3 OPD tersebut kedepannya dapat meraih predikat A. Atau nilai sempurna (pelayanan prima) pada tahun 2020 mendatang. Sebagai Pembina OPD terbaik Sri Purnomo mengatakan tujuan utamanya bukan mencari kemenangan.

“Kita tidak sedang mencari kemenangan dalam penilaian ini melainkan melaksanakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya, menjunjung profesionalisme sehingga masyarakat bisa terlayani sebaik-baiknya,” kata Sri Purnomo.

Plt Direktur RSUD Sleman, Joko Hastaryo menyampaikan terimakasih atas dukungan dan kerjasama dari semua pihak. Penghargaan yang berhasil diraih RSUD Sleman merupakan kado istimewa pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 RSUD Sleman, tepatnya pada 7 Nopember 2019. “Dengan penghargaan ini, kami akan teris berupaya meningkatkan pelayanan lebih baik lagi kepada masyarakat. Semoga selalu menjadi yang terbaik untuk melayani kesehatan masyarakat di wilayah Kabupaten Sleman,” terang Joko. (*)

Jurnalis : Fajar Rianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration