Selasa, 12 November 2019
Peristiwa - Daerah

Pemkab Bondowoso Siapkan Pertanian Presisi Berbasis Teknologi

Pemkab Bondowoso Siapkan Pertanian Presisi Berbasis Teknologi Kepala Bappeda Kabupaten Bondowoso, Dra. Farida (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Jum'at, 08 November 2019 - 13:50

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pada Tahun 2020 mendatang, Pemkab Bondowoso, Jawa Timur akan mendapatkan bantuan mesin pertanian, dalam rangka menerapkan sistem pertanian presisi berbasis teknologi oleh Kemendes. 

Kepala Badan Pembangunan Pemerintah Daerah (Bappeda) Kabupaten Bondowoso, Dra. Farida mengatakan, untuk desa yang dijadikan lokasi, akan segera dibicarakan.

“Untuk pulau Jawa itu ada satu lokus yang akan dilaksanakan oleh Kemendes, dan alhamdulillah Bondowoso ini terpilih sebagai lokus untuk pengembangan pertanian persis teknologi,” katanya.

Bahkan saat ada sosialisasi dari Kemendes, Kamis (7/11/2019) kemarin. Pemkab melibatkan semua penyuluh, kelompok tani, dan tokoh tokoh yang berkecimpung di bidang pertanian.

“Sementara sasarannya itu adalah para petani muda, untuk bisa menggunakan teknologi dalam pertanian. Jadi itu nanti terintegrasi dari hulu ke hilir, jadi mulai dari pertanian sampe peternakan,” paparnya.

Saat ini baru satu desa, yang akan menjadi fokus lokasi atau pilot project. Namun desanya belum ditentukan.

“Nanti kalau sudah berhasil desa ini, akan menjadi replikasi, di desa-desa lain. Untuk Desanya belum, belum ditentukan,” paparnya.

Sementara untuk SDM, dia yakin sudah siap. Mengingat anak muda di desa-desa sudah tahu internet. Tinggal pengembangan, dan pendampingannya.

Farida mengatakan, program ini sangat mendukung Visi Melesat yang dicanangkan Pemkab Bondowoso.

Farida berharap dengan adanya, program sistem pertanian presisi berbasis teknologi oleh Kemendes, di Kabupaten Bondowoso, berjalan dengan baik dan berkelanjutan.(*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration