Peristiwa Nasional

Kisah Sepatu Paman Ho saat Bertemu Keluarga Bung Karno

Jumat, 08 November 2019 - 13:38 | 110.05k
Pameran foto dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan Indonesia-Vietnam. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).
Pameran foto dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan Indonesia-Vietnam. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – PDI Perjuangan melihat hubungan Proklamator kemerdekaan Republik Indonesia Soekarno (Bung Karno) dengan Bapak Bangsa Vietnam Ho Chi Minh (Paman Ho) sangatlah dekat. Hubungan kekeluargaan diantara kedua tokoh itu memang sangat erat sejak dulu.

Seperti diceritakan oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, sejak awal kedua tokoh itu adalah bapak bangsa bagi bangsanya masing-masing.

Ketika Ho Chi Minh berkunjung ke Indonesia pada 1959, Bung Karno membawanya ke rumah dan memperkenalkan kepada semua anggota keluarganya. Salah satu yang hadir adalah Megawati Soekarnoputri, putri sulung Soekarno yang belakangan menjadi presiden RI kelima serta Ketua Umum PDI Perjuangan.

Saat itu ada dialog menarik antara Megawati dengan pendiri Vietnam yang disapa akrab sebagai 'Paman Ho' itu.

Megawati bertanya kepada Paman Ho soal kebiasaannya memakai sandal. Padahal, berdasarkan pengalaman Megawati saat itu, seorang pemimpin negara biasanya memakai sepatu.

"Tapi kenapa Paman Ho begitu sederhana menggunakan sandal? Lalu Paman Ho menjawab bahwa itu adalah bagian dari perjuangan, beliau tetap hidup sederhana mengenakan sandal sampai bangsa Vietnam benar-benar merdeka," jelas Hasto menceritakan kisah itu di sela pameran peringatan 60 tahun hubungan Indonesia-Vietnam.

Pameran itu dilaksanakan di Gedung Arsip Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019), dengan ditampilkannya foto-foto pertemuan kedua pemimpin saat saling berkunjung di tahun 1959.

Kembali ke cerita awal Hasto, Megawati disebutnya bisa memahami bagaimana Paman Ho melakukan perjuangan kemerdekaan yang dilaksanakan dengan penuh semangat patriotisme.

"Jadi kita bisa belajar tentang kesedehanaan seorang pemimpin yang bergerak karena keyakinan memerdekakan bangsanya. Disitulah Bung Karno dan Paman Ho disatukan oleh cita-cita yang bisa menentukan nasib bangsa di tangan diri sendiri," kata Hasto.

Megawati sendiri tak bisa hadir di saat pembukaan pameran itu. Walau awalnya dijadwalkan hadir, pesawat yang membawa Megawati dari Jepang belum mendarat di Indonesia. Itu sebabnya Hasto yang mewakili Megawati di acara pembukaan pameran.

Hasto menyatakan pameran foto Bung Karno dan Paman Ho untuk memperingati 60 tahun hubungan Indonesia-Vietnam ini menggambarkan bagaimana semangat persahabatan yang sejati dibangun diantara kedua pemimpin. "Dan hasilnya kita hadir sebagai bangsa yang disegani di dunia dan punya prinsip-prinsip sebagai negara yang berdaulat," tandas Hasto, Sekjen PDI Perjuangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES