Selasa, 12 November 2019
Peristiwa - Daerah

Inspiratif, Bank Sampah Sapu Jagad Magetan Sulap Limbah Jadi Barang Bernilai Ekonomis Tinggi

Inspiratif, Bank Sampah Sapu Jagad Magetan Sulap Limbah Jadi Barang Bernilai Ekonomis Tinggi Juli Kuswanto saat menunjukkan meja dan kursi ecobrik buatan Bank Sampah Sapu Jagad Magetan. (FOTO: Aditya Candra/TIMES Indonesia)
Jum'at, 08 November 2019 - 12:40

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Sampah bisa memiliki nilai ekonomis jika dikelola dengan baik, inilah yang melandasi Bank Sampah Sapu Jagad di Ringinagung, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, membuat kreasi dari sampah berupa kursi dan meja dari gulungan banner.

Berawal dari banyaknya sampah yang ada di percetakan, Direktur Bank Sampah Sapu Jagad, Juli Kuswanto mendapatkan ide untuk membuat kreasi dari gulungan banner tersebut.

"Awalnya sih sayang melihat gulungan bekas banner terbuang dan tidak terpakai, jadi lebih baik saya beli dan manfaatkan," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Jumat (8/11/2019).

Juli-Kuswanto-a.jpg

Menurutnya, gulungan bekas banner tersebut dapat dijadikan berbagai bentuk kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi. Yakni, seperti meja dan kursi ecobrik."Gulungan bekas banner dalamnya kosong, jadi kita padatkan dengan sistem ecobrik supaya awet, tahan air dan tidak mudah rusak," tandasnya.

Juli mengaku, dalam sehari Bank sampah Sapu Jagad dapat membuat beberapa meja dan kursi ecobrik. Yaitu, dari gulungan banner yang dipadatkan dengan sampah plastik. "Sehari kita bisa membuat sekitar 4-5," ungkapnya.

Sementara itu, kreasi yang di buat Juli Kuswanto merupakan solusi untuk mengurangi sampah plastik yang mencemari lingkungan. "Kita tahu bahwa sampah plastik butuh waktu yang sangat lama agar terurai, jadi lebih baik kita gunakan agar bermanfaat juga," imbuh Direktur Bank Sampah Sapu Jagad Magetan ini.(*)

Jurnalis : Aditya Candra (MG-85)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Magetan

Komentar

Registration