Peristiwa - Nasional

KH Masjkur Pahlawan Nasional 2019, Prof Mas'ud Said: Ini Bentuk Penghormatan

KH Masjkur Pahlawan Nasional 2019, Prof Mas'ud Said: Ini Bentuk Penghormatan KH. Masjkur. (Foto: Dok. TPGP Malang)
Jum'at, 08 November 2019 - 13:26

TIMESINDONESIA, MALANG – Panglima Laskar Sabilillah, KH Masjkur, ditetapkan Presiden RI Joko Widodo sebagai Pahlawan Nasional 2019. Ketua Yayasan Sabilillah Prof. Mas'ud Said mengatakan hal itu adalah sebuah bentuk penghormatan.

"Ini adalah penghormatan untuk masyarakat Malang Raya dan NU khususnya pihak keluarga Singosari, Yayasan Al-Ma'arif Singosari, keluarga besar Pesantren Bungkuk, terutama KH M Tholchah Hasan adalah sebuah penghormatan negara yang sangat besar," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Jumat (8/11/2019).

Dalam penganugerahan gelar pahlawan nasional, pihak keluarga diwakili oleh cucu KH. Masjkur. Keluarga akan didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Berdasarkan info yang diterima TIMES Indonesia, Jumat (8/11/2019) siang ini, pengumuman ini akan disampaikan di Istana Negara.

KH Masjkur merupakan sang Panglima Laskar Sabilillah, Anggota BPUPKI yang merumuskan Pancasila dan UUD 1945,  Pendiri Yayasan Sabilillah, Ketua Yayasan Universitas Islam Malang pertama, Ketua Umum PBNU, dan Menteri Agama RI.

Mas'ud juga mengatakan, penganugerahan gelar ini menjadi angin segar bagi masyarakat Malang Raya dan seluruh penjuru tanah air.

Gubernur Khofifah juga dikabarkan akan mengundang keluarga di Singosari, Yayasan Sabilillah dan beberapa perwakilan untuk upacara peringatan hari Pahlawan Nasional 10 November di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

"Alhamdulillah berhasil ditetapkan oleh Presiden. Semoga semangat berjuang kita, keikhlasan kita, daya khidmad kita bisa meniru para alim ulama seperti KH Masjkur," ujarnya.

Tim pengusul mengikutsertakan dan disupport oleh Gubernur Jatim, Bupati Malang, Wali Kota Malang, Wali Kota Batu dan tokoh-tokoh di Malang Raya dengan dikoordinasi oleh Yayasan Sabilillah Malang dimana KH Masjkur membangun masjid yang sekarang menjadi masjid besar percontohan paripurna nasional tahun 2017.

KH Masjkur ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional 2019 bersama dengan Prof Dr Abdul Kahar Muzakkir tokoh Muhammadiyah asal Yogyakarta dan rektor pertama UGM Prof Dr Sardjito. (*)

Jurnalis : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration