Ketahanan Informasi

Posyandu Kepodang Puskesmas Bululawang ikut Lomba Posyandu Terbaik

Posyandu Kepodang Puskesmas Bululawang ikut Lomba Posyandu Terbaik Peninjauan inovasi KRPL posyandu kepodang Desa kasri Kecamatan Bululawang oleh Retno Kassie Promkes Dinkes dan Nurul Mardiyanto Ketua tim penggerak PKK. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Jum'at, 08 November 2019 - 07:57

TIMESINDONESIA, MALANG – Puskesmas Bululawang memiliki 77 posyandu balita dari 14 desa yang ada di wilayah Kecamatan Bululawang.

Kepala Puskesmas Bululawang Bambang Pujaswendro mengintruksikan kepada petugas promosi kesehatan Siti Kholisah supaya memberikan pendampingan dan pembinaan secara sutainable untuk mengetahui perkembangan dan meningkatkan kualitas posyandu di wilayah Kecamatan Bululawang.

ikut-Lomba-Posyandu-2.jpgCamat, kepala Puskesmas, PKK , bersama juri lomba Posyandu Balita didesa Kasri Kec. Bululawang. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Melalui pelatihan dengan refresing kader salah satu cara yang digunakan oleh petugas promkes dalam meningkatkan sumber daya manusia dalam meningkatkan pengetahuan kader posyandu.

Kegiatan lain untuk meningkatkan semangat dan keaktifan kader juga dilaksanakan berbagai lomba. Antara lain lomba yel-yel cegah stunting, lomba cipta menu dari bahan sayur dan buah, lomba penyuluhan dengan media daur ulang, lomba dakwah sanitasi oleh santri husada, lomba simulasi posyandu lansia, taman posyandu dan posyandu balita.

Dari berbagai lomba tersebut pemenang di ikut sertakan dalam audisi lomba yang diadakan oleh Dinkes Kabupaten Malang. Dengan mengirimkan profil posyandu balita kepodang Desa Kasri Kecamatan Bululawang dalam lomba yang diadakan oleh Dinkes Kab. Malang pada bulan Oktober 2019, diumumkan posyandu kepodang masuk dalam 6 finalis dari 39 posyandu peserta lomba.

M. Khusaini, Kepala Desa Kasri sangat mendukung kegiatan ini dan makin semangat dalam menggerakkan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat melalui kegiatan UKBM yang ada di desa. Nur Afrida, Ketua tim penggerak PKK desa menyambut hangat hasil pengumuman lomba balita tingkat kabupaten dengan ditindaklanjuti melengkapi kebutuhan-kebutuhan posyandu mulai dari sarana, ATK hingga mutu pelayanan prima di posyandu kepodang Desa Kasri ini.

ikut-Lomba-Posyandu-3.jpg Nurul Mardiyanto, ketua tim penggerak PKK Kec. Bululawang berperan aktif dalam dukungan kepada kegiatan Posyandu Balita. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Mamik Yulaikah bidan desa dan Rahmat Teguh perawat desa selalu melaksanakan tugasnya sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh tomas, toga, aparat dan masyarakat desa dengan baik dan selalu memonitoring input, output dan indikator output untuk mempertahankan kualitas pelayanan posyandu khususnya kepodang. Kedua tenaga kesehatan yang bertugas di Desa Kasri ini selalu bekerja dengan PERGI BERDANSA DI MASA SENJA (perawat bersinergi bersama bidan desa demi masyarakat sejahtera).

Kamis, 7 November 2019 Desa Kasri terjadwal pelaksanaan peninjauan instrument penilaian terhadap posyandu balita kepodang. Dihadiri oleh Camat Bululawang Drs. Mardiyanto dan ketua tim penggerak PKK kecamatan Nurul Mardiyanto yang selalu memberikan support kepada para kader kesehatan di Kecamatan Bululawang.

Dalam peninjauan lomba balita ini berbagai hal yang ditanyakan oleh juri tentang pembiayaan posyandu, keberadaan pokjanal posyandu, program inovasi, 5 pelayanan posyandu, kemampuan kader, ide kreatif kader, administrasi, kelas ibu hamil dan lain-lain.

Tujuan dari lomba posyandu balita ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan citra dan kualitas posyandu untuk optimalisasi fungsi posyandu sebagai ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak yang mencakup pemantauan tumbuh kembang, status gizi, penyuluhan, imunisasi dan pelayanan KB.

Puskesmas Bululawang di bawah Dinkes Kab. Malang memberikan dukungan kepada petugas pelaksana promo kesehatan untuk mampu menjalankan tugas dengan lebih semangat dalam kegiatan UKM, khususnya posyandu di wilayah kerjanya. (*)

Jurnalis : Siti Kholisah
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Registration