Peristiwa Nasional

Selain KH Masjkur, Ini Tiga Penerima Gelar Pahlawan Nasional 2019

Jumat, 08 November 2019 - 08:02 | 238.18k
KH Masjkur. (NU Online)
KH Masjkur. (NU Online)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain Komandan Laskar Sabilillah KH Masjkur dan jurnalis Ruhana Kuddus, dua tokoh ini juga mendapat gelar Pahlawan Nasional 2019. Mereka adalah tokoh Muhammadiyah asal Yogyakarta Prof Dr Abdul Kahar Muzakkir dan rektor pertama UGM Prof Dr Sardjito.

Penyematan tanda gelar pahlawan akan diberikan Presiden Joko Widodo di istana Jumat, 8 November 2019. Dua hari sebelum Hari Pahlawan Nasional. 

Putri Kahar Muzakkir, Yu Jauharoh Kahar Muzakkir yang mewakili keluarga menerima anugerah ini.

Jurnalis TIMES Yogyakarta (Grup TIMES Indonesia) melaporkan, Jauharoh telah terbang ke Jakarta Kamis sore (7/11/2019) dengan pesawat Batik Air. "Terima kasih atas dukungan semua pihak untuk bapak. Semangat beliau akan kita teruskan," ucap Jauharoh. 

Abdul-Kahar-Muzakkir.jpgAbdul Kahar Muzakkir.

Gelar pahlawan untuk Kahar Muzakkir telah diajukan sejak lima tahu lalu. Pengajunya UII Yogyakarta dan PP Muhammadiyah. Kahar Muzakkir merupakan anggota BPUPKI. Semasa muda ia juga merupakan diplomat di Timur Tengah.

Prof-Dr-Sardjito.jpgProf Dr Sardjito.

Selain Kahar Muzakkir, tokoh Yogyakarta lainnya yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional 2019 adalah Prof Dr Sardjito, Rektor pertama UGM. Dengan demikian ada empat tokoh nasional yang mendapat gelar hari ini. Dua lainnya KH Masjkur dan jurnalis Ruhana Kuddus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES