Ketahanan Informasi

Implementasi dan Pembaharuan Kebijakan Publik

 Implementasi dan Pembaharuan Kebijakan Publik Mery Bela Oktavia (Mahasiswa semester III jurusan Administrasi Publik Unisma Malang). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Kamis, 07 November 2019 - 16:57

TIMESINDONESIA, MALANGDALAM kehidupan sehari-hari tentunya tidak terlepas dari berbagai persoalan yang membutuhkan penyelesaian. Persoalan-persoalan yang sederhana sampai kompleks di masyarakat membutuhkan suatu kebijakan yang mengarahkan kepada sesuatu perubahan yang lebih baik lagi. Keputusan-keputusan yang dibuat oleh seseorang yang memiliki kewenangan dalam pemerintahan tersebut diharapkan sesuai dengan sistem yang telah dibuat dan manfaatnya untuk kemaslahatan publik.

Buku “Kebijakan Publik” karya Hayat, S.A.P., M.Si penting untuk dibaca masyarakat luas khususnya kepada mahasiswa jurusan Administrasi Publik. Dengan pembahasan yang lengkap dan bahasa yang sederhana serta cukup dimengerti. Di dalam buku ini menjelaskan bagaimana pengimplementasian kebijakan publik yang baik dan benar agar tercapai tujuan yang diharapkan. Selain itu pentingnya dilakukan pembaharuan yang mengarahkan kepada perubahan yang dapat dirasakan manfaatnya bagi semua pihak. Peningkatan kualitas pelayanan publik yang prima menjadi pelengkap agar kebijakan publik dapat terlaksana dengan baik ditambah dengan peran masyarakat untuk memberikan kritik apabila ada ketidaksesuain antara kebijakan publik yang dibuat dengan pengimplementasiannya. Karena sangat penting kepada pihak-pihak yang membuat kebijakan maupun pihak-pihak yang menyokong demi terlaksananya Good Governance.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Menurut penulis buku ini, kebijakan publik harus memiliki konsep dan metode. Reformasi kebijakan publik tidak berdiri sendiri dalam perubahan dan pembaharuan kebijakannya. Konsep reformasi kebijakan berimplikasi kepada reformasi birokrasi dan reformasi administrasi. Keterkaitan antara ketiga reformasi ini menjadi kondisi yang sangat diharapkan dalam pemerintahan saat ini. Oleh karena itu, upaya membangun reformasi administrasi dan reformasi birokrasi yang menjadi tujuan utama pemerintah harus diawali dengan reformasi kebijakan publik. Reformasi kebijakan publik adalah melakukan perubahan terhadap kebijakan-kebijakan (hlm. 3-4).

Buku-Kebijakan-Publik-25e1a0ad2a2c7ba4e.jpg

Dalam buku ini menjelaskan bahwa, sistem yang baik dengan sumber daya yang handal serta infrastruktur yang memadai akan mampu mrnciptakan pemerintahan yang baik sebagai tujuan utama dalam penyelenggaraan Negara. Sementara itu, Hayat (2014) megungkapkan bahwa kinerja pelayanan publik akan berhasil jika sistem kepemimpinan berjalan dengan baik. Untuk mencapai pemerintahan yang baik, tentunya semua stakeholder bekerjasama sesuai dengan fungsi dan wewenangnya. (hlm. 79-80)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dalam buku ini penulis menjelaskan terkait dengan bagaimana melakukan terobosan untuk menemukan solusi supaya kebijakan publik tersebut dapat menghasilkan terobosan yang baik untuk publik. Karena kalau dapat diamati, kebijakan publik terkadang tidak melihat dampak yang akan ditimbulkan setelah kebijakan tersebut diambil lalu diimplementasikan sehingga menuai persoalan dan permasalahan bagi publik khususnya. Untuk itu perlu adanya formulasi kebijakan publik yang baik untuk mengetahui apa saja yang akan direncanakan, hasil dari perencanaan akan dibawa kemana, dampak dan implikasi dari perencanaan yang dihasilkan akan melahirkan apa, dan lain sebagainya yang dapat dijadikan sebagai perbandingan sebelum perencanaan itu direncanakan.

Buku ini cukup mudah dipahami serta memberikan penjelasan yang lengkap mulai dari kebijakan publik seperti apa, evaluasi kebijakan publik, penilaian kinerja, reformasi birokrasi, pelayanan publik dan good governance, serta formulasi kebijakan publik. Dan pembahasannya tidak berbelit-belit dan sangat bagus untuk rekomendasi bagi yang ingin mengetahui kebijakan publik yang baik dan benar serta pembaharuan yang perlu dilakukan bagi pelaku kebijakan publik.

Kelebihan buku ini adalah penyajian materi tidak membosankan jika dibaca karena didalamnya disajikan beberapa ilustrasi sebagai pelengkap agar pembaca mudah dalam memahami dan mengaitkan serta tergambar dalam pikiran sehingga tidak hanya berangan-angan. Sedangkan kekurangan buku ini adalah dari segi pengantar terlalu banyak sehingga terkesan pembaca melalui begitu saja tanpa membaca. Dari segi Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) sudah baik namun banyak kata-kata yang tidak ada spasi dari kata satu menuju kata yang selanjutnya sehingga kurang nyaman apabila membaca.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Membaca buku ini sangat menarik karena penulisnya menjelaskan sekaligus memberikan contoh-contoh yang berhubungan dengan materinya sehingga memudahkan bagi pembaca. Penjelasannya ringkas tapi sangat padat sehingga mudah dipahami dan sangat dibutuhkan bagi pembaca khususnya bagi mahasiswa jurusan administrasi publik. (*)

Jurnalis : Humas Unisma
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Registration