Kesehatan

Pilihan Olahraga yang Tepat untuk Mengatasi Depresi

Jumat, 08 November 2019 - 06:21 | 139.70k
Ilustrasi - Bersepeda salah satucara terbaik untuk melepaskan depresi dan meningkatkan mood Anda (FOTO: amazine.co)
Ilustrasi - Bersepeda salah satucara terbaik untuk melepaskan depresi dan meningkatkan mood Anda (FOTO: amazine.co)

TIMESINDONESIA, JAKARTADepresi adalah kondisi yang digambarkan sebagai suatu kelainan mood yang menyebabkan perasaan sedih dan hilang minat yang menetap. Depresi bisa mempengaruhi perasaan, cara berpikir dan berperilaku, serta dapat membuat seseorang memiliki berbagai masalah emosi dan fisik. Depresi harus segera diatasi agar tidak menimbulkan dampak yang lebih berbahaya.

Beberapa penelitian telah menghubungkan olahraga sebagai cara mengatasi depresi. Salah satunya, sebuah publikasi ilmiah yang melibatkan peneliti di Universitas Bern menunjukkan efek positif olahraga dan aktivitas fisik pada depresi.

Dilansir dari Klik Dokter, berikut olahraga ringan yang bisa mengatasi depresi.

1. Berjalan 

Anda tidak harus lari maraton untuk bisa mengatasi depresi. Mulailah dengan berjalan santai, yang dapat diikuti dengan berjalan atau berlari saat tubuh sudah siap.

Di sisi lain, berjalan-jalan santai di luar ruangan juga dapat meningkatkan suasana hati Anda.

2. Yoga

Latihan meditasi ini terkenal dapat membuat Anda lebih kuat dan lebih fleksibel. Namun begitu, yoga juga bisa memberi Anda energi dan rasa bahagia. Kontrol napas yang pada olahraga yoga juga dapat menenangkan emosi Anda.

3. Tenis

Tenis adalah latihan yang bagus untuk mengeluarkan emosi tanpa membicarakan perasaan Anda. Dengan raket dan bola yang berat, Anda biasanya akan membutuhkan teriakan untuk memukul. Hal tersebut dapat membuat perasaan Anda lega.

4. Berenang

Berenang merupakan latihan yang tepat untuk seluruh tubuh Anda. Selain itu, ada efek air yang dapat membantu menenangkan pikiran Anda. Tidak perlu melakukannya terlalu lama, berenanglah selama sekitar 30 menit, 3-5 kali seminggu.

5. Bersepeda

Bersepeda juga cara terbaik untuk melepaskan depresi dan meningkatkan mood Anda. Carilah lintasan yang dipenuhi pepohonan agar Anda semakin menikmati waktu olahraga Anda.

Anda dapat mengajak keluarga atau orang terdekat menemani bersepeda. Berceritalah tentang hal-hal yang menyenangkan untuk meredakan stres Anda.

6. Menari

Menari adalah kegiatan yang mengombinasikan olahraga, keterlibatan sosial, dan kesenangan. Semua itu dapat meningkatkan suasana hati.

Anda bisa menyalakan speaker untuk memutar musik bertempo cepat, atau memutar video tari di televisi atau laptop. Selanjutnya, menarilah mengikuti irama musik.

7. Lari

Lari mungkin adalah olahraga yang membutuhkan usaha lebih keras. Akan tetapi, manfaatnya sungguh besar untuk melepaskan emosi yang terpendam. Lari bisa menjadi cara cepat untuk melepaskan emosi yang terpendam. Namun begitu, pastikan Anda melakukan pemanasan sebelum berlari, ya.

Itulah olahraga yang bisa membantu Anda mengatasi depresi. Namun, jika Anda sudah mengalami depresi dalam tahap berat, olahraga saja mungkin tidak dapat membantu banyak. Lebih baik Anda segera menemui dokter atau psikolog untuk membicarakan masalah Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES