Selasa, 19 November 2019
Kesehatan

7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai ILUSTRASI - Kolesterol Tinggi. (FOTO: Healthline)
Jum'at, 08 November 2019 - 05:17

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati. Namun, tingkat kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan buruknya sirkulasi darah.

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab kolesterol tinggi. Mulai dari kebiasaan sehari-hari yang sebenarnya bisa dicegah hingga kondisi medis tertentu. Berikut ini penyebab kolesterol tinggi yang mungkin tidak Anda sadari, dilansir dari Hello Sehat.

1. Usia

Penyebab kolesterol tinggi yang tidak bisa dielakkan adalah usia. Semakin tua umur kita, maka kadar kolesterol jahat cenderung semakin tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan fungsi dan metabolisme tubuh yang semakin menurun.

Jadi, tak heran jika kebanyakan orang lanjut usia memiliki kolesterol LDL lebih tinggi daripada anak-anak muda. Umumnya, kadar LDL akan mulai meningkat setelah Anda menginjak usia 20 tahun.

2. Makanan sehari-hari

Baik fast food maupun camilan junk food seperti keripik kentang kemasan umumnya tinggi kalori, garam, gula, lemak jenuh, dan lemak trans. Agar kadar kolesterol tak naik terus-terusan, berusahalah untuk menahan keinginan mengonsumsi makanan-makanan ini.

3. Malas gerak

Kebiasaan malas gerak atau minim aktivitas fisik adalah penyebab Anda berpeluang besar mengalami kolesterol tinggi. Jika Anda juga tidak memperhatikan makanan yang Anda makan setiap harinya. Sebab, tumpukan lemak akan terbiarkan terus mengendap dalam pembuluh dan tidak dibakar lewat olahraga.

4. Berat badan berlebih

Kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung yang akibat kenaikan kolesterol. Kelebihan berat badan itu sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pola makan yang buruk hingga malas olahraga.

Mulai sekarang, berusahalah untuk menjaga berat badan yang ideal supaya kadar kolesterol baik dan jahat dalam tubuh stabil. Dengan begitu, risiko Anda mengalami berbagai penyakit kronis di kemudian hari juga lebih rendah.

5. Merokok dan alkohol

Asap dan racun dalam rokok bisa jadi penyebab kolesterol jahat melonjok naik di luar batas wajar. Baik perokok aktif maupun pasif sama-sama berisiko tinggi mengalami penyumbatan pembuluh darah arteri yang bisa mengakibatkan berbagai masalah jantung seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Selain merokok, Anda juga harus menghentikan kebiasaan minum alkohol. Jika dikonsumsi berlebihan, minuman keras pun bisa jadi penyebab kolesterol LDL dan trigiliserida Anda naik tajam.

6. Penyakit tertentu

Penyebab kolesterol tinggi lainnya adalah riwayat penyakit yang Anda miliki. Beberapa di antaranya seperti diabetes, penyakit hati dan ginjal, tekanan darah tinggi (hipertensi), serta gangguan kelenjar tiroid.

7. Riwayat genetik

Merasa tidak melakukan berbagai hal di atas, tapi kolesterol tetap tinggi? Bisa jadi penyebab kolesterol tinggi Anda adalah genetik warisan dari orangtua, atau nenek dan kakek. Dalam istilah medis, kolesterol tinggi yang disebabkan karena genetik disebut dengan familia hiperkolesterolemia (FH). (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Hello Sehat

Komentar

Registration