Jum'at, 15 November 2019
Peristiwa - Nasional

Kementerian PUPR RI Menggelar BPIW Expo 2019

Kementerian PUPR RI Menggelar BPIW Expo 2019 BPIW Kementerian PUPR RI menggelar BPIW Expo 2019 pada 7 – 8 November 2019 di Auditorium Kementerian PUPR RI, Jakarta. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Kamis, 07 November 2019 - 22:44

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kementerian PUPR RI) menggelar BPIW Expo 2019 pada  7 – 8 November 2019 di Auditorium Kementerian PUPR RI, Jakarta.

Dengan mengambil tema “Perencanaan Pembangunan Infrastruktur dan Wilayah Berkelanjutan”, BPIW Expo 2019 kali ini bertujuan untuk menyampaikan produk-produk BPIW dari tahun 2015 – 2019 kepada Unit Organisasi di lingkungan Kementerian PUPR RI, K/L, dan stakeholder terkait agar pembangunan infrastruktur berjalan lebih efektif dan terarah.

BPIW-Expo-2.jpg

Kepala BPIW Kementerian PUPR RI Hadi Sucahyono mengatakan dalam menyusun perencanaan pembangunan dan pemrograman terpadu pihaknya selalu berpedoman pada kebijakan yang ada.

"Dikaitkan dengan pengembangan wilayah, BPIW selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan para stakeholder yang mengacu pada arahan Presiden RI dan Menteri PUPR RI," katanya Kamis (7/11/2019).

Hadi menjelaskan, dalam BPIW Expo 2019 kali ini, diselenggarakan beberapa kegiatan yaitu diantaranya soft launching Buku States of Indonesian Cities (SOIC) 2019 dan bedah buku The Future of Asian & Pacific Cities, sebagai produk dari UN Habitat yang diluncurkan pada bulan Oktober 2019.

BPIW-Expo-3.jpg

Hal tersebut dimaksudkan untuk mendukung pembangunan infrastruktur dan wilayah berkelanjutan.

Selain itu dalam BPIW Expo 2019 juga menampilkan berbagai kegiatan dan produk dari masing-masing pusat di lingkungan BPIW dengan menerapkan teknologi 4.0 misalnya, sistem informasi pendukung proses perencanaan dan pemrograman infrastruktur PUPR.

Antara lain, Sistem Informasi dan Database Online Rencana Induk Pengembangan Infrastruktur PUPR (SIBAS-RIPI), sistem Informasi Pemrogaman (SIPro), Sistem Monitoring Tanah (SIMONAH), Database Perkotaan, dan Bank Data BPIW.

BPIW-Expo-4.jpg

Dalam pelaksanaan BPIW Expo 2019 ini, juga mengimplementasikan teknologi terkini seperti Konsultasi Regional dengan teleconference, penerapan konsep smart city dalam pengembangan infrastruktur kawasan. "Serta mendorong usulan program dengan penggunaan teknologi terkini dalam pembangunan infrastruktur PUPR," ujar Kepala BPIW Kementerian PUPR RI ini  (*)

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration