Peristiwa - Daerah

Ribuan Warga Ramaikan Grebek Tahu di Jombang

Ribuan Warga Ramaikan Grebek Tahu di Jombang Ribuan warga Jombang saat mengikuti acara Grebek Tahu di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
Kamis, 07 November 2019 - 19:46

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Seru, asyik, dan unik. Itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan suasana acara Grebek Tahu yang dilaksanakan di lapangan Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Kamis (7/11/2019).

Dari pantauan TIMES Indonesia, sejak pukul 15:00 WIB, ribuan masyarakat sudah terlihat memadati area lapangan. Mereka bersiap untuk menggerebek atau merebut setidaknya 10 gunungan tahu setinggi hampir 2 meter tersebut.

Grebek-Tahu-Jombang-a.jpg

Tak lama setelah kedatangan Bupati Jombang, Mundjidah Wahab dan beberapa kepala dinas Pemkab Jombang, warga langsung merebut tahu yang tersusun tersebut. Tak memakan cukup lama, sekitar satu menit gunungan tahu itu habis dibabat oleh ribuan tangan yang berebut.

Acara grebek tahu tersebut bisa dikatakan unik. Selain baru pertama kali digelar di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, acara itu merupakan kreasi baru dalam agenda tahunan di Kabupaten Jombang.

Grebek-Tahu-Jombang-b.jpg

Biasanya, acara tahunan di kota santri ini berupa festival buah-buahan seperti durian, salak dan buah lainnya, seperti yang dilakukan di Kecamatan Wonosalam, dan Kecamatan Tembelang.

Acara grebek tahu ini diharapkan dapat menggangkat Usaha Dagang (UD) tahu se-Kabupaten Jombang agar lebih maju ke depannya. Untuk diketahui, usaha tahu di Jombang hampir merata ada di setiap kecamatan.

Grebek-Tahu-Jombang-c.jpg

Meski warga berebut dan berdesak-desakan, acara Grebek Tahu di Jombang berjalan lancar. Pengamanan dan kesigapan dari satuan linmas dan kepolisian membuat acara berlangsung tanpa ada kericuhan. (*)

Jurnalis : Moh Ramli (MG-198)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jombang

Komentar

Registration