Peristiwa Daerah

Forkot Gresik Demo, JIIPE Siap Audiensi

Kamis, 07 November 2019 - 18:47 | 204.51k
LSM Forkot Gresik saat demo di depan kawasan industri JIIPE (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
LSM Forkot Gresik saat demo di depan kawasan industri JIIPE (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Kota Gresik atau Forkot Gresik, Jawa Timur menggelar aksi di depan kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Manyar, Kamis (7/11/2019). Meski didemo, manajemen siap berudiensi dengan Forkot.

Saat demo, Forkot menanggapi penolakannya kawasan industri JIIPE menjadu kawasan ekonomi khusus atau KEK.

Koordinator aksi Haris S Faqih mengungkapkan manajemen JIIPE telah mengajukan ke pemerintah untuk perubahan status yang awalnya menjadi kawasan industri menjadi kawasan ekonomi khusus.

Diakui Faqih, dalam analisanya, pemberlakukan KEK itu menimbulkan efek negatif utamanya di masyarakat antara lain konsep itu hanya menguntungkan asing dan pemodal besar.

"Juga mengurangi pendapatan daerah dan mengancam hak buruh serta mengancam lingkungan hidup, sudah banyak contohnya di kota-kota besar," ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan manajemen JIIPE (PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera), Mifti Haris mengungkapkan pemahaman kawasan ekonomi khusus di JIIPE yang dikemukanan Forkot mungkin ada kesalahpahaman.

"Penetapan KEK itu merupakan kewenangan pemerintah, yang jelas banyak daerah-daerah itu ingin wilayahnya ditetapkan sebagai KEK. Agar menarik investasi masuk ke daerah tersebut," kata Mifti.

Mifti menyebut, pihaknya bersedia bertemu dan audiensi dengan Forkot. Ditambahkan Mifti, pada prinsipnya hasil aksi damai yang dilakukan Forkot.

Pihak perusahaan bersedia bertemu dengan Forkot Gresik dan masyarakat untuk menjelaskan tentang manfaat jika suatu industri ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus. "Makanya, kami bersedia bila bertemu dengan teman-teman Forkot untuk berdiskusi bersama pimpinan perusahaan. Agar masyarakat paham tentang KEK dan apa manfaatnya jika ada KEK," tambah perwakilan JIIPE. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES