Selasa, 12 November 2019
Peristiwa - Daerah

Operasi Zebra Semeru 2019 di Bondowoso, Pelanggaran di Bawah Umur Cukup Tinggi

Operasi Zebra Semeru 2019 di Bondowoso, Pelanggaran di Bawah Umur Cukup Tinggi Kasat Lantas Polres Bondowoso AKP Budi Setiyono saat ditemui di ruangannya (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kamis, 07 November 2019 - 18:29

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Berdasarkan hasil Operazi Zebra Semeru 2019 di Kabupaten Bondowoso, didapatkan pelanggaran di bawah umur masih tinggi.

Dari data yang dihimpun Jurnalis TIMES Indonesia, ada 323 pelanggaran usia di bawah umur, yang berhasil ditindak oleh personel Satlantas Polres Bondowoso.

Kasat Lantas Polres Bondowoso, AKP Budi Setiyono mengatakan, total pelanggaran yang berhasil ditindak mencapai 2292 tilang.

“Dengan rincian tidak pakai helm 453, melawan arus 176, anak di bawah umur 323, surat-surat 902, lain-lain 215 dan teguran 515,” katanya saat dikonfirmasi.

Pihaknya mengaku, terus memberikan edukasi kepada orang tua, ke sekolah-sekolah. Agar memberikan pemahaman, akan larangan mengendarai sendiri bagi anak yang masih di bawah umur.

“Biasanya di bawah umur kan masih pelajar. Kita melalui Kanit Dikyasa, memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Kalau belum bisa punya SIM janga mengendarai sepeda motor, diantarkan orang tuanya saja,” imbaunya.

Dalam operasi kemarin, lanjut dia, Sat Lantas Polres Bondowoso, juga memberikan reward kepada pengendara yang tertib dalam berlalu lintas.

“Ini pesan kepada masyarakat, bahwa ketika hendak keluar harus melengkapi surat-surat dan mematuhi lalu lintas. Saya apresiasi, terima kasih kepada yang mematuhi lalu lintas,” ucapnya.

Menurutnya, Operasi Zebra sendiri memang khusus penindakan-penindakan. Sementara dalam operasi Lilin lebih pada pelayanan. Misalnya liburan natal, tahun baru dan lain-lain.

“Baru kalau ada  pelanggaran maka dilakukan penindakan. Makanya diawali dengan operasi Zebra,” sambungnya, Kamis (7/11/2019).

Satuan Lalulintas Polres Bondowoso menggelar Operasi Zebra Semeru 2019 selama dua pekan mulai Rabu 23 Oktober hingga 5 November kemarin. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration