Pemerintahan

Tekan Angka Kemiskinan, Pendamping PKH di Kabupaten Malang Diberi Penguatan

Tekan Angka Kemiskinan, Pendamping PKH di Kabupaten Malang Diberi Penguatan Penguatan PKH yang dilakukan Dinsos Kabupaten Malang. (foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Kamis, 07 November 2019 - 18:09

TIMESINDONESIA, MALANG – Ratusan petugas pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Malang, Jawa Timur mengikuti penguatan serta bimbingan teknis dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Malang, Kamis, (7/11/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan di Rumah Makan Bojana Puri, Kepanjen ini dibuka Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM. Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinsos Kabupaten Malang, H Nurhasyim.

Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM mengatakan bahwa para pendamping PKH harus menjaga profesionalisme serta integritasnya. Hal itu agar PKH bisa tepat sasaran hingga berdampak pada berkurangnya angka kemiskinan.

"Melihat betapa pentingnya PKH, maka sangat dibutuhkan tenaga-tenaga yang profesional. Peran pendamping sebagai katalisator dan fasilitator yang terlibat langsung membantu memecahkan persoalan Keluarga Penerima Manfaat," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Sanusi menjelaskan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memecahkan berbagai persoalan kemiskinan. Diantaranya memberikan motivasi dan bantuan sosial (Bansos).

"Pemberian motivasi kepada keluarga penerima manfaat sangat penting. Tujuannya supaya mereka termotivasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan yang menjadi lebih baik," terangnya.

Politisi PKB ini menambahkan, pengentasan kemiskinan menjadi salah PR terbesar pemerintah, bukan hanya di daerah tapi juga pusat. Melihat kondisi itu, maka harus ada kerja keras dari semua pihak.

"Sebagaimana diketahui bersama, kemiskinan masih menjadi salah satu tantangan terbesar bagi proses pembangunan. Penanggulangan kemiskinan senantiasa menjadi prioritas pembangunan nasional dan daerah," terangnya.

 Sanusi menambahkan, pendamping PKH juga perlu diberikan penguatan SDM. "Peranan pendamping PKH sangat penting. Karena mereka terus memberikan motivasi kepada  Keluarga Penerima Manfaat tersebut," ungkapnya.

Sanusi juga berharap melalui penguatan pendamping PKH di Kabupaten Malang ini dapat meningkatkan kualitas SDM pendamping dalam rangka membantu tugas pemerintah menekan angka Kemiskinan.(*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration