Selasa, 19 November 2019
Peristiwa - Daerah

Bawa Sejuta Cerita, KRI Bima Suci Singgah di Banyuwangi Sabtu Ini

Bawa Sejuta Cerita, KRI Bima Suci Singgah di Banyuwangi Sabtu Ini KRI Bima Suci. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Kamis, 07 November 2019 - 16:40

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Setelah menyelesaikan misi diplomasi di 9 negara, KRI Bima Suci bakal singgah di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9/11/2019) besok. 

entunya, kedatangan Kapal Republik Indonesia ini bakal membawa sejuta cerita bagi negeri. Terombang ambing ombak lautan selama 96 hari, menjadi sebuah kisah yang layak untuk diceritakan kepada masyarakat, khususnya Bumi Blambangan.

"Sabtu ini, KRI Bima Suci bakal sandar di Banyuwangi. Akan ada banyak atraksi dan pentas seni nanti. Mereka singgah, membawa banyak cerita dari perjalanan tugas diatas lautan," kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, Kamis (7/11/2019).

Rencananya, KRI Bima Suci ini akan bersandar di pelabuhan Tanjung Wangi. Sejak 5 Agustus 2019 lalu, sebanyak 103 Taruna Angkatan Laut (AAL) yang tergabung dalam satuan tugas Kartika Jala Krida 2019 melakukan pelayaran ke 9 negara untuk menjalankan misi diplomasi.

Letkol Laut (P) Yulius mengatakan, sembilan negara yang disinggahi yakni Filipina, Jepang, Korea. Kemudian, Cina, Brunei Darussalam, Thailand, Malaysia, Myanmar, dan Australia.

Danlanal Banyuwangi tersebut merincikan, selama 2 hari di Kabupaten paling ujung timur pulau Jawa ini, akan digelar sejumlah rangkaian kegiatan. Tentunya, dilakukan langsung oleh para Taruna AAL yang tergabung dalam Satgas Kartika Jala Krida.

Para taruna itu akan melakukan kirab genderang suling, yakni memainkan semacam drumband sejauh 2 kilometer dipusat pemerintah Banyuwangi.

"Akan ada kirab dari kantor Bupati menuju Pendopo. Disini, ditampilkan sejumlah atraksi serta penampilan ratusan siswa dengan baju etnik,” ungkapnya.

Selanjutnya, pada hari Minggu (10/11/2019), akan ada upacara Hari Pahlawan di Lapangan Blambangan Banyuwangi. Setelah itu, dilakukan tabur bunga di Dermaga Tanjung Wangi sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang gugur memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Sebelum bertolak dari Banyuwangi, mereka akan melakukan tabur bunga di laut dari atas KRI Bima Suci. Setelah itu, rombongan KRI Bima Suci akan berwisata ke Wisata Jopuro, sebuah wisata kampung sidat binaan TNI AL," katanya. (*)

Jurnalis : Agung Sedana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar