Pemerintahan

Anggaran Bantuan Sosial di Kabupaten Malang Capai Rp 473 M

Anggaran Bantuan Sosial di Kabupaten Malang Capai Rp 473 M Kepala Dinsos Kabupaten Malang Nurhasyim. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Kamis, 07 November 2019 - 15:50

TIMESINDONESIA, MALANG – Upaya penekanan angka kemiskinan di Kabupaten Malang terus diupayakan. Salah satunya dengan menyalurkan bantuan sosial kepada warga kurang mampu.

Dari catatan Dinas Sosial (Dinsos Kabupaten) anggaran bantuan sosial mencapai Rp 473 M. Bantuan itu berasal dari Kementerian Sosial, Gubernur Jawa Timur dan Bupati Malang.

Kepala Dinsos Kabupaten Malang, H Nurhasyim SH MSi mengatakan, bantuan sosial sebesar itu terserap seluruhnya. Artinya, anggaran bantuan sosial tersalurkan kepada para penerimanya.

"Untuk bantuan sosial dari Kementerian Sosial, langsung ditransfer ke rekening seluruh penerimanya. Sehingga yang mengatur itu langsung dari Kemensos. Sedangkan kami, hanya melakukan pendampingan," ujar Nurhasyim kepada TIMES Indonesia, Kamis (7/11/2019).

Nurhasyim menyebutkan, bantuan sosial dari Kemensos ada dua jenis, yakni Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT). Ada ratusan ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diberikan Kemensos RI.

"Selain dari Kemensos RI, ada bantuan Jaslut dari Gubernur Jawa Timur dan Bantuan dari Bapak Bupati Malang," terangnya.

Untuk besaran bantuan Jaslut senilai Rp 9 M. Sedangkan untuk bantuan dari Bupati Malang, sebesar Rp 200 juta.

"Berbagai bantuan yang diberikan tersebut, dalam rangka menekan angka kemiskinan di Kabupaten Malang," terangnya.

Nurhasyim menambahkan, bantuan sosial sebesar itu masih kurang. "Dengan bantuan hampir setengah triliun itu, belum mengcover seluruh warga kurang mampu. Idealnya besaran bantuan sosial di Kabupaten Malang sebesar Rp 1,5 T," katanya.

Nurhasyim menyebutkan, melalui bantuan sosial yang disalurkan di Kabupaten tersebut, banyak penerimanya yang telah sukses, dengan kualitas kehidupan lebih baik dan keluar dari kemiskinan.(*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration