Selasa, 12 November 2019
Peristiwa - Daerah

Pakasa Gebang Tinatar Ponorogo Gelar Doa Bersama dan Napak Tilas

Pakasa Gebang Tinatar Ponorogo Gelar Doa Bersama dan Napak Tilas Acara doa bersama di makam pendiri Ponorogo Raden Bathoro Katong.
Kamis, 07 November 2019 - 14:52

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Puluhan Anggota dalam wadah ilmu Islam kejawen yang di beri nama Pakasa Gebang Tinatar Ponorogo gelar Doa bersama di Makam Raden Batoro Katong, pendiri cikal bakal Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Makam Raden Bathoro Katong yang terletak di  kelurahan Setono Kecamatan Jenangan.

Raden-Bathoro-Katong-2.jpg

Doa bersama atau tahlil di pimpin oleh Mas Ngabei Rekso Adipuro Sunardi  juga sebagai juru makam Raden Bathoro Katong. Acara akan berlanjut ke beberapa makam yang berkaitan dengan kota Ponorogo sekaligus napak tilas sejarah  Ponorogo.

"Dengan kegiatan Napak tilas ini kita akan tahu dan mengenal sejarah cikal bakal kota ponorogo," ungkap Sunardi, Kamis (7/ 11/2019).

Sunardi mengatakan napak tilas akan dilaksanakan setiap setiap malam kamis legi dengan mengadakan doa dan tahlil bersama. Rencana akan mendatangi 13 makam yang  pernah mempimpin atau pernah menjadi adipati di kota Ponorogo.

Raden-Bathoro-Katong-3.jpg

"Ya niatannya kirim doa ke semua bupati atau dari adipati pertama sampai bupati atau adipati yang ke-13," katanya

Sementara itu Suro Agul-agul wakil ketua Pakarsa Gebang Tinatar Sunarso menambahkan untuk menghidupkan sejarah Ponorogo perlu adanya pemahaman, pengetahuan soal leluhur kepada masyarakat Ponorogo. Dengan membuka sejarah lewat napak tilas ini diharapkan generasi muda Ponorogo akan tahu sejarah cikal bakal dan perjalanan pemerintahan dari masa ke masa.

"Intinya untuk melestarikan sejarah biar tidak putus karena ponorogo kaya akan budaya dan di setiap desa di Ponorogo punya ciri khas cerita sejarah masing - masing," tambahnya. (*)

Jurnalis : Evita Mukharomah (MG-74)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Ponorogo

Komentar

Registration