Ekonomi

Pengusaha Kota Malang Didorong Promosi Melalui Vlog

Pengusaha Kota Malang Didorong Promosi Melalui Vlog Para pengusaha belajar menata produk untuk tampilan visual vlog dalam Seminar Vlog untuk Promosi Usaha hari ini (7/11/2019) di Hotel Pelangi Malang. (foto : Widya Amalia/TIMES Indonesia)
Kamis, 07 November 2019 - 14:48

TIMESINDONESIA, MALANG – Promosi melalui vlog (video) menjadi alternatif untuk menjaring konsumen lebih banyak. Untuk itu, Dinas Perindustrian Kota Malang, Jawa Timur menggelar workshop pembuatan vlog.

Kegiatan yang digelar di Hotel Pelangi, Malang, Kamis (7/11/2019) ini menghadirkan mentor Faris Montis, vlogger asal Malang, untuk ajarkan ilmu promosi melalui vlog.

Pelaku usaha diajarkan bagaimana membuat konten iklan  lebih kreatif dan mampu menarik lebih banyak pelanggan.

"Orang kan gak peduli sama latar belakang kita. Tapi cara kita bercerita itulah yang jadi keunikan. Dan itu diapresiasinya tinggi," papar Faris.

Promosi-melalui-vlog-b.jpg

Faris juga mengungkapkan kelebihan promosi melalui vlog. Yang pertama adalah biaya. Melalui vlog, pengusaha hanya memerlukan wifi dan kamera handphone. Tidak perlu menyewa talent atau memasang iklan di media lain. Melalui internet, pengusaha tidak memiliki 'palang pintu'.

"Kalau mereka pasang poster di tiang listrik atau mana, kan iznnya susah. Ada Pak RT atau RW. Kalau di internet? Nah kan, nanti ga ada yang izin siapa - siapa," tambahnya.

Melalui vlog, kegiatan branding atau pemasaran pun eksposernya jauh lebih luas. Melalui kanal youtube, atau Instagram, kini jangkauan menjadi limitless. Bisa juga malah sampai ke luar negeri. "Kan banyak pengusaha kriya rotan, kayu, atau apapun, nah itu menarik untuk pasar luar negeri," papar pria asal Cemorokandang ini.

Faris dalam seminarnya memberikan tips dan trik agar pelaku usaha lebih percaya mempromosikan jasa atau barang produksi mereka melalui vlog.

"Apalagi semua oramg punya handphone. Tiap handphone ada pasar dan mediumnya baru," papar Faris.

Dalam seminarnya Faris juga menyampaikan cara ambil gambar, cara memutuskan produk apa yang akan di-shooting. Juga tidak ketinggalam teknik videografi dasar. 

"Awalnya sih minder. Tapi setelah mengetahui bahwa mereka bisa, jadi nagih. Pertanyaannya juga jadi aneh - aneh, di grup itu, hahaha," jelas Faris tertawa.

Promosi-melalui-vlog-c.jpg

Sekretaris Dinas Perindustrian Kota Malang, Slamet Husnan, menyatakan melalui acara ini pengusaha bisa secara langsung praktek berkreasi dengan vlog sebagai media promosi usaha. Hal ini juga sejalan, dengan identitas Kota Malang yang sebagai Kota Kreatif Indonesia, cara ini menjadi sarana penunjang dalam keberhasilan pengembangan ekonomi kreatif (Ekraf) di Kota Malang.

"Di kesempatan ini bagi pelaku IKM untuk memanfaatkan sebaik-baiknya. Silakan menceritakan, dan serap ilmunya untuk unjuk kreativitas agar perkembanhan Ekraf di Kota Malang bisa turut dirasakan IKM," ujarnya.

Edisi-Kamis-7-November-2019-hal-6-malang-pengusaha..jpg

Seminar ini masih dalam rangkaian Festival Malang Mbois oleh Malang Creative Fusion. Acara ini digelar dari tanggal 1 hingga 10 November mendatang. Setiap harinya, terdapat event - event kreatif menarik. Dalam rangkaian acara ini juga digelar beberapa lomba, salah satunya adalah vlog on the spot. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilihat dan diikuti melalui instagram @malangcreativefusion. (*)

Jurnalis : Widya Amalia (MG-197)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration