Pemerintahan

Pemkab Lumajang Studi Tiru Program Getar Desa di Bondowoso

Kamis, 07 November 2019 - 13:26 | 52.26k
Pemerintah Kabupaten Bondowoso saat menerima rombongan dari Pemkab Lumajang saat studi banding Program Getar Desa (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Pemerintah Kabupaten Bondowoso saat menerima rombongan dari Pemkab Lumajang saat studi banding Program Getar Desa (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sukses dalam pengentasan buta huruf, Program Getar Desa (Gerakan Pendidikan Kesetaraan Berbasis Desa), yang digagas oleh Kabupaten Bondowoso ternyata dilirik oleh kabupaten lain. Salah satunya Kabupaten Lumajang yang langsung melakukan studi banding, Kamis (7/11/2019).

Rombongan yang terdiri sembilan orang itu, diterima oleh Kepala Bappeda, Dra. Farida dan Kepala Inspektorat, Wahyudi, di auala Racana Praja Pranata.

Kepala Badan Pembangunan Pemerintah Daerah (Bappeda) Kabupaten Bondowoso, Dra. Farida menjelaskan, kunjungan dari Lumajang untuk melihat perencanaan Getar Desa di Bondowoso, karena Lumajang mempunyai program serupa.

“Karena program Getar Desa ini bisa mempercepat pengurangan angka melek huruf, dan juga bisa meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia),” katanya.

Bahkan, program Getar Desa, bisa mencegah pernikahan usia dini. Serta membantu gerkan ‘ayo pergi ke sekolah'. Jadi banyak aspek yang bisa dicapai, melalui program tersebut.

“Program Getar Desa saat ini progresnya sangat bagus. Sudah sekian puluh ribu warga, terentas dari buta aksara. Bahkan ini masuk 45 program terbaik se Indonesia,” paparnya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Bondowoso tetap mengharapkan yang terbaik. “Dan target kita sudah ada di RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Bagaimana indikator itu bisa tercapai,” sambungnya.

Untuk itu, visi Melesat ini harus dibarengi dengan trobosan. Adapun angka rata-rata lama sekolah dari 5,5 tahun sudah menjadi 5,7 tahun. “Ditargetkan nanti 6 lebih,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Program Getar Desa yang dilaunching pada Tahun 2017 oleh Pemkab Bondowoso ini, meraih penghargaan Otonomi Award 2018 kemarin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES