Pendidikan

Pelajar SD di Gresik Diajak Jadi Pelopor Tertib Lalu Lintas

Pelajar SD di Gresik Diajak Jadi Pelopor Tertib Lalu Lintas Kader patroli keamanan sekolah SD Mugeb saat diberi pemahaman cara memakai helm SNI serta menjadi pengendara yang baik dan benar (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Kamis, 07 November 2019 - 13:13

TIMESINDONESIA, GRESIK – Sejumlah pelajar SD di Kabupaten Gresik, Jawa Timur diajak menjadi pelopor tertib lalu lintas. Para siswa itu juga diberi choacing clinik dari anggota Satlantas Polres Gresik.

Seperti yang terlihat di SD Muhammadiyah 1 GKB, di sekolah yang terkenal dengan sebutan SD Mugeb tersebut ada ratusan siswa yang menjadi kader patroli keamanan sekolah (PKS).

Berpakaian layaknya polisi, para pelajar kelas lima itu mempunyai tugas memberikan contoh ke pelajar lain agar tertib lalu lintas. Selain untuk dirinya sendiri, setidaknya pelajar menjadi pengingat bagi orang tua untuk tertib berlalulintas.

"Ada 154 siswa, tugas mereka di sekolah patroli setiap hari mengamankan lalu lintas di sekitar sekolah serta cek kerapian dan terpenting kebersihan kuku mereka," kata Fony Libriastuti Kepala SD Mugeb, Kamis (7/11/2019).

Fony membeberkan, kader patroli kemanan sekolah ini dibentuk untuk menjadi pembelajaran disiplin ke pelajar. Selain itu, imbuh Fony, para pelajar ini bisa menjadi contoh bagi pelajar lain dari berbagai aspek.

"Sebelumnya, kita juga punya Tim Pocil SD Mugeb telah mengikuti lomba polisi cilik di Polda jatim dan mendapat Juara 2 The Best Costume," ujarnya.

Sementara KBO Satlantas Polres Gresik Iptu Khairul Alam memberikan apresiasi kepada pelajar SD Mugeb, dia berharap para pelajar ini bisa disiplin baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.

Setidaknya, kata Khairul, jika sudah diberi pemahaman seperti ini, para pelajar bisa menjadi pelopor keselamatan berlalulintas diri sendiri maupun untuk keluarganya.

"Kami sangat apresiasi ini, yang mana untuk menumbuhkan disiplin secara dini itu penting ini juga unruk membentuk pelopor keselamatan berlalulintas disamping tugas mengamankan lingkungan SD Mugeb," tambahnya. (*)

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Gresik

Komentar

Registration