Peristiwa - Daerah

Hemat APBD, Perayaan Hari Jadi Sampang Gandeng EO dan Sponsor

Hemat APBD, Perayaan Hari Jadi Sampang Gandeng EO dan Sponsor Pembukaan Hari Jadi ke-369 Sampang bertajuk SSA 2019 beberapa waktu lalu. (FOTO: Istimewa)
Kamis, 07 November 2019 - 11:36

TIMESINDONESIA, SAMPANG – Hari Jadi ke-369 Kabupaten Sampang (Hari Jadi Sampang), Madura, Jawa Timur, digelar tanpa menggunakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Perayaan yang dikemas dalam acara Sampang Sepoloh Areh atau SSA 2019 ini, mengangandeng even organizer (EO) dan sponsor.

"Awalnya, Pemkab Sampang sudah mengganggarkan ratusan juta rupiah untuk acara pekan raya Hari Jadi Sampang," ujar CEO DMR Production Surabaya, Damarhuda, Kamis (7/11/2019).

Namun, sambung Damar, hal itu urung dilaksanakan karena pembiayaan seluruh rangkaian acara ditanggung EO dan sponsor. Semua fasilitas yang dibutuhkan selama 14 hari berlangsungnya SSA 2019 di lapangan Wijaya Kusuma juga ditanggung panitia.

"Karena tidak menyerap anggaran APBD, maka Pemkab Sampang bisa menghemat ratusan juta rupiah," imbuhnya.

Damar menjelaskan, EO dan sponsor menghadirkan bintang tamu Sodiq dan New Monata, Mustafa DEBU, dari Jakarta. Termasuk, menyediakan panggung riging berikuran 12x10m, sound gantung, lighting spek TV dan sejumlah properti pameran.

"Pemkab Sampang tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Alhamdulillah masyarakat Sampang menyambut antusias dan setiap malam selalu ramai," ujarnya.

Tidak hanya itu saja. EO dan sponsor yang mengurus surat izin keamanan, publikasi, hingga terop undangan untuk prosesi pembukaan pameran. Bahkan, pengunjung digratiskan untuk masuk lokasi acara.

"Pekan raya seperti ini sudah kami gelar di banyak kota di Jawa Timur, mulai dari Trenggalek, Magetan dan banyak kota lagi. Semoga pihak-pihak di Sampang tidak gagal fahan dan mari bersama-sama ikut menggerakkan ekonomi kreatif melalui SSA 2019," paparnya.

Sebagai informasi, Hari Jadi Sampang bertajuk SSA 2019 dimotori DMR Production Surabaya dengan sponsor utama Herbangin Habbatussauda. Acara ini, didukung media partner TIMES Indonesia, MenaraMadinah, Josstoday, SuaraJatim, dan Limadetik Sampang. (*)

Jurnalis : Doni Heriyanto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Madura

Komentar

Registration