Pemerintahan

Desember, Presiden Umumkan Dewan Pengawas KPK

Kamis, 07 November 2019 - 09:52 | 114.14k
Presiden Jokowi usai membuka Konstruksi Indonesia 2019 di Indoor Hall B JI-Expo Kemayoran, Rabu (6/11/2019)  (FOTO: Humas Setkab)
Presiden Jokowi usai membuka Konstruksi Indonesia 2019 di Indoor Hall B JI-Expo Kemayoran, Rabu (6/11/2019) (FOTO: Humas Setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pembentukan Dewan Pengawas KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) masih digodog dan Presiden Joko Widodo berjanji akan menyampaikan kepada masyarakat bila sudah selesai bulan Desember.

Presiden Joko Widodo menyampaikan hal itu usai membuka Konstruksi Indonesia 2019 di Indoor Hall B JI-Expo Kemayoran, Rabu (6/11/2019) siang. "Nanti, masih bulan Desember. Masih digodok dalam tim internal. Nanti kalau sudah kita sampaikan," kata Presiden kepada wartawan.

Pelantikan Dewan Pengawas KPK nantinya akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan Komisioner KPK periode 2019-2023 bulan Desember mendatang.

Sebelumnya, saat bertemu wartawan di Istana Merdeka (1/11/2019),  Presiden Joko Widodo  menyatakan tidak akan membentuk Panitia Seleksi untuk memilih Dewan Pengawas KPK tersebut.

Meski demikian Presiden Joko Widodo menjamin bahwa orang-orang yang akan dipilih dalam Dewan Pengawas KPK memiliki kredibilitas yang baik.

Sesuai Undang-Undang No. 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2012 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, anggota Dewan Pengawas KPK berjumlah lima orang.

Tugas Dewan Pengawas KPK antara lain mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK, memberikan izin atau tidak memberikan izin penyadapan, penggeledehan, dan/atau penyitaan.

Hingga kini pembentukan Dewan Pengawas KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) masih digodog dalam tim internal dan Presiden Joko Widodo berjanji akan menyampaikan kepada masyarakat bila sudah selesai bulan Desember. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES