Selasa, 19 November 2019
Peristiwa - Daerah

Seribu Siswa dan Seribu Tentara Peringati Hari Pahlawan di Kota Batu

Seribu Siswa dan Seribu Tentara Peringati Hari Pahlawan di Kota Batu Suasana peringatan Hari Pahlawan di TMP Suropati Kota Batu berlangsung semarak. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Kamis, 07 November 2019 - 09:30

TIMESINDONESIA, BATU – Luar biasa peringatan Hari Pahlawan di Kota Batu, Jawa Timur. Seribu siswa dan seribu tentara hadir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati, Kota Batu, Kamis (7/11/2019). 

Diawali dengan parade drum band dari MI Darul Ulum Kota Batu, siswa berjalan kaki dari sekolah mereka ke TMP. Begitu juga siswa MTS Hasyim Ashari beserta para guru berjalan kaki menuju ke TMP. 

Di TMP sudah menunggu anggota LVRI, TNI, Polri, Pusdik Arhanud, Dan Dohar, NU, Perwakilan Umat Hindu, Budha, Kristen, Islam dan Pemuda Pancasila. 

Di TMP mereka menggelar doa bersama untuk para pahlawan. Hadir dalam kegiatan ini Komandan Pusdik Arhanud Kolonel Arh Saepul Mukti Ginandjar SIP, Dan Dohar, Letkol Arh Edi Nugraha SIP, Ketua LVRI Handri Ismawan, Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ulum Sidomulyo, Gus Sirodjudin dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih. 

hari-pahlawan-c---Copy.jpg

Doa ini dipimpin oleh Gus Sirodjudin. "Sekarang kita bisa hidup enak, bisa sekolah enak, semua berkat perjuangan para Pahlawan kita. Betapa dosa besar kita kalau tidak mau mendoakan para Pahlawan," ujar mantan Ketua PCNU Kota Batu. 

Kepala Sekolah MI Darul Ulum, Ulul Asmi mengatakan bahwa selama ini peringatan hari Pahlawan di Kota Batu biasanya diperingati dengan Upacara Bendera dan tabur bunga yang dilakukan oleh Pemkot Batu. 

"Jarang ada yang mengajak serta anak-anak untuk ziarah kubur ke TMP, akhirnya kita selenggarakan kegiatan ini sekaligus bentuk pembelajaran dan mendorong anak-anak untuk menghormati para Pahlawan," ujar Asmi. 

Awalnya, ide ini hanya diikuti MI Darul Ulum saja, namun ternyata MTS Hasyim Ashari juga menggelar kegiatan yang sama, begitu juga dengan Pusdik Arhanud. 

hari-pahlawan-b---Copy.jpg

"Pusdik Arhanud hari yang sama juga menggelar kegiatan yang sama, memperingati hari Pahlawan sekaligus HUT ke 73 Pusdik Arhanud, akhirnya kita selenggarakan bersama-sama," kata Asmi. 

Selain mengajarkan kepada anak-anak agar selalu mendoakan dan menghormati Pahlawan, lewat kegiatan ini membuat TNI semakin dicintai rakyat, mencintai rakyat dan menjadi kebanggan rakyat. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih mengatakan bahwa peringatan ini menjadi energi dan nilai baru, peringatan hari pahlawan jadi momentum untuk mewarisi nilai semangat pahlawan dan bersemangat untuk mengisi pembangunan.

Edisi-kamis-7-November-2019-H1-batu-hari-pahlawan.jpg

"Dalam momen ini saya mengajak, kita semua untuk berbuat yang terbaik, mulai dari lingkungan terdekat," kata Eny membacakan sambutan Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si. 

Dalam peringatan Hari Pahlawan itu, Dra Hj Dewanti yang berhalangan hadir juga menitipkan sebuah puisi berjudul Apa Kabar Pahlawan untuk dibacakan kepada para peserta. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration