Selasa, 12 November 2019
Peristiwa - Nasional

Alhamdulillah, KH Masjkur Jadi Pahlawan Nasional, 10 November Diumumkan Presiden RI Jokowi 

Alhamdulillah, KH Masjkur Jadi Pahlawan Nasional, 10 November Diumumkan Presiden RI Jokowi  KH Masjkur. (foto: dokumen TPGP Malang)
Kamis, 07 November 2019 - 10:01

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabar gembira bagi warga Jatim, khususnya Malang Raya. KH Masjkur bakal ditetapkan oleh Presiden RI Jokowi sebagai pahlawan nasional pada 10 November 2019. Dengan bakal ditetapkannya KH Masjkur sebagai pahlawan nasional, maka Malang memiliki dua pahlawan, yakni KH Masjkur dan Mas Isman yang telah ditetapkan 2015 lalu. 

Nama KH Masjkur menjadi pilihan Jokowi bersama 4 pahlawan nasional lainnya. Sebelumnya KH Masjkur masuk dalam nominasi 20 nama yang diusulkan Kemensos RI. 

Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial, Kementerian Sosial RI Bambang Sugeng, mengatakan, ada 20 nama yang diusulkan ke presiden. Dari 20 nama itu, empat nama merupakan usulan baru dan 16 nama yang sudah pernah diusulkan sebelumnya.

"Nama-nama tokoh itu berasal dari Banten, Lampung, Yogyakarta, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur dan NTB," ujarnya seperti dilansir Suara.com, jaringan media TIMES Indonesia.

Ditetapkannya KH Masjkur sebagai pahlawan nasional sudah beredar di lingkaran istana sejak dua hari lalu. "Iya Yai Masjkur dapat. Mewakili Jatim ya. Semoga tidak berubah, karena itu wewenang presiden," ucap sumber TIMES Indonesia di lingkungan Kantor Staf Presiden RI.

Ditetapkannya KH Masjkur pahlawan nasional juga diakui keluarga besar Yayasan Sabilillah Malang. "Info dari Kiai Asyari Singosari, dari Kemensos sudah menghubungi ke keluarga KH Masjkur di Jakarta. Insya Allah yang akan mewakili menerima penghargaan adalah Mbak Mia, putri Almarhum Syaiful Masjkur yang juga cucu KH Masjkur," ucap Prof Mas'ud Said, ketua Yayasan Sabilillah.

Ditetapkannya KH Masjkur sebagai pahlawan nasional oleh Presiden RI Jokowi disambut gembira semua pihak. Ketua Tim Pengusul Gelar Pahlawan (TPGP) KH Masjkur Prof Dr KH Kasuwi Saiban, MA mengaku senang dan bahagia. "Terima kasih pada semua tim yang bekerja keras siang malam. Insyalah barakah," ucapnya sesaat setelah mendengar kabar ini. (*)

Jurnalis : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration