Pemerintahan

Bupati Ponorogo Naikkan Tunjangan Kades Beserta Perangkat Desa

Rabu, 06 November 2019 - 14:56 | 269.33k
Bupati Ipong Muchlissoni memberikan pengarahan kepada 303 kepala desa se Ponorogo (Foto: Marhabn/TIMES Indonesia)
Bupati Ipong Muchlissoni memberikan pengarahan kepada 303 kepala desa se Ponorogo (Foto: Marhabn/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGOBupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni akan menaikkan tunjangan kepala desa dan perangkat desa tiga kali lipat dari yang diterima sekarang. Demikian dikatakannya di depan 303 Kepala Desa se-Ponorogo, pada acara sosialisasi Pendampingan Perencanaan dan Pengannggaran Kabupaten Ponorogo, Rabu, (6/11/2019), di Aula Gedung Bappeda Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Menurut Ipong, berdasarkan PP Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, bahwa Kepala Desa dan perangkat desa memiliki hak keuangan yang dibayarkan setiap bulan berupa penghasilan tetap (Siltap) dan tunjangan.

Menaikkan tunjangan untuk kepala desa dan perangkat desa betujuan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan penyelenggaraan pemerintahan desa, "Kami memandang perlu memperhatikan  kesejahteraannkepala desa, sekretaris desa,  dan perangkat desa lainnya dengan menaikkan tunjangannya," ucap Ipong.

Kepada TIMES Indonesia Bupati Ipong juga menjelaskan bahwa tugas kepala desa dan perangkat desa tidak gampang, mereka bertanggung jawab menjalankan pemerintahan di desa. "Jadi, ibaratnya tugas mereka sama pentingnya sebagai kepala pemerintahan, hanya saja lingkupnya kecil, di desa," jelasnya.

Kepala desa memiliki tanggung jawab untuk memajukan desanya, mereka juga dituntut mengelola keuangan desa yang bersumber dari dana desa yang diberikan oleh pemerintah daerah.

"Karena itu agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik, mereka mendapatkan gaji dan tunjangan layaknya pejabat pemerintah lainnya, meski besarannya gak besar-besar banget, dan mereka juga akan saya beri sepeda motor untuk operasionalnya di desa," pungkas Ipong.

Sosialisasi Pendampingan Perencanaan dan Penganggaran Pemkab Ponorogo, selain dihadiri Bupati Ponorogo, juga hadir jajaran Forkopimda Ponorogo, Camat se Ponorogo dan 303 kepala desa yang ada di Ponorogo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES