Gaya Hidup

Yuk, Jaga Kebersihan Softlens dengan Langkah Sederhana Ini

Yuk, Jaga Kebersihan Softlens dengan Langkah Sederhana Ini Ilustrasi Merawat Softlens. (FOTO: Istimewa)
Selasa, 05 November 2019 - 06:08

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kebersihan softlens atau lensa kontak adalah hal penting yang harus diperhatikan pengguna softlens. Menurut American Academy of Ophthalmology, lensa kontak yang kotor atau tidak cocok bisa menggores lapisan mata Anda. Lalu, bagaimana cara menjaga kebersihan softlens?

Ini dia beberapa cara membersihkan dan merawat softlens agar Anda terhindar dari iritasi dan masalah mata lainnya. 

1. Cuci tangan sebelum memegang softlens

Salah satu kunci dari cara merawat dan membersihkan softlens adalah selalu mencuci tangan sebelum memegang lensa kontak. 

Usahakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan bilas sampai bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun, parfum, minyak, atau losion yang menempel pada telapak tangan Anda.

Sebab, sisa-sisa produk akan membuat mata iritasi dan penglihatan Anda menjadi buram ketika menggunakan softlens Anda.

2. Lepas softlens sebelum mandi dan tidur

Setelah mencuci tangan, Anda pun harus ingat kapan waktu yang tepat untuk melepas softlens. Lepaskanlah lensa kontak sebelum mandi, berenang, atau kegiatan apa pun yang dapat membuat mata Anda kemasukan air.

Hal ini bertujuan agar kuman atau senyawa kimia dalam air, seperti klorin, tidak menempel pada softlens. Jika dibiarkan, biasanya gejala-gejala ringan akan muncul, seperti mata sakit dan terasa gatal.

3. Hindari penggunaan air keran

Setelah berhasil melepas softlens tanpa ada suatu kendala, hindari penggunaan air keran dalam merawat dan membersihkan softlens. Hampir di setiap air keran mengandung acanthamoeba, bakteri yang dapat menempel dan mengkontaminasi lensa kontak Anda. 

Apabila hal tersebut dibiarkan, tentu dapat menimbulkan masalah pada mata Anda karena infeksi bakteri tersebut. Oleh karena itu, biasakan memakai cairan pembersih khusus untuk softlens agar kebersihannya tetap terjaga. 

4. Gunakan cairan khusus pembersih softlens

Gunakanlah cairan khusus pembersih softlens ketika membersihkannya. Cara merawat dan menjaga kebersihan softlens yang satu ini sangat penting dilakukan karena softlens yang sering Anda gunakan rentan terhadap infeksi bakteri. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

Komentar

Registration