Pemerintahan

Pemkab Bondowoso Tandatangani Kesepakatan Kembangkan Cluster Kopi

Pemkab Bondowoso Tandatangani Kesepakatan Kembangkan Cluster Kopi Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat menandatangani kerja sama (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Senin, 04 November 2019 - 16:40

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso (Pemkab Bondowoso) Jawa Timur, menandatangani kesepakatan bersama degan beberapa lembaga untuk pengembangan cluster kopi Arabica.

Adapun Pemkab sebagai pihak pertama, sementara pihak selanjutnya terdiri dari Puslitkoka, Perum Perhutani KPH Bondowoso, Bank Jatim dan Asosiasi Petani Kopi Indonesia (APEKI).

Penandatanganan kerjaasama berlangsung, saat malam puncak Festival Kopi Nusantara (FKN) ke-4. Dalam sambutannya, Bupati Salwa Arifin mengatakan, melaui kerja sama ini, Pemerintah Kabupaten Bondowoso, berupaya untuk memperbaiki semua aspek pengelolaan kopi.

“Karena kita sadari bersama, bahwa ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan,” jelas Bupati Salwa.

Adapun aspek tersebut kata dia, antara lain, aspek kelembagaan petani, koperasi, pengawasan mutu, serta pemasaran produk kopi.

“Semua ini, harus menjadi fokus bersama agar dapat memperkuat, dan menyempurnakan eksistensi kopi Bondowoso di dalam maupun luar negeri,” papar Bupati Salwa.

Apalagi kata bupati Salwa, Kabupaten Bondowoso selalu dijadikan sebagai salah satu rujukan kopi di Indonesia.

Diakuinya juga, Bondowoso sudah menerima banyak kunjungan dari berbagai daerah, yang hendak belajar tentang kopi. Misalnya dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB dan beberapa daerah di pulau Jawa.

“Bahkan beberapa negara seperti Timor Leste, Korea Selatan, Jepang, dan Australia sudah melakukan studi kopi di Bondowoso,” sambungnya.

Bupati Salwa Arifin berharap, semoga Kopi Bondowoso ke depan semakin berkembang, baik di dalam negeri maupun luar negeri. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration