Kesehatan

Ragam Manfaat Petai, Mengatasi Anemia Hingga Meningkatkan Daya Ingat

Ragam Manfaat Petai, Mengatasi Anemia Hingga Meningkatkan Daya Ingat ILUSTRASI - Manfaat Petai. (FOTO: Halloyahya.com)
Senin, 04 November 2019 - 14:11

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Petai atau pete adalah bahan makanan yang memiliki bau khas. Bagi sebagian orang petai adalah makanan favorit, namun tak jarang juga yang tidak menyukai petai karena aromanya yang kurang sedap. Namun, meski petai memiliki aroma tidak sedap, makanan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat petai ini tentu sayang sekali jika Anda lewatkan.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut ini manfaat petai untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Depresi

Penelitian yang dilakukan oleh MIND di antara individu yang berjuang dengan gangguan depresi, banyak yang merasa jauh lebih baik setelah mengonsumsi petai. Itu karena petai memasukkan triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang diketahui menyebabkan Anda rileks, meningkatkan suasana hati dan biasanya membuat Anda merasa lebih nyaman.

2. PMS (sindrom pramenstruasi)

Abaikan pil, lebih baik konsumsi petai. Vitamin B6 yang dimilikinya termasuk mengelola kadar gula darah, yang dapat memengaruhi suasana hati Anda.

3. Anemia

Dipenuhi dengan zat besi, petai dapat dengan mudah mendorong pembuatan hemoglobin dalam darah dan dengan demikian membantu dalam kasus anemia.

4. Mengurangi kolesterol

Zat yang terkandung di dalam buah petai seperti antioksidan dan zat lainnya bisa membantu mengurangi kolesterol secara cepat.

5. Tekanan darah

Petai kaya sekali dengan kalium tetapi lebih rendah garam, yang membuatnya ideal untuk menaklukkan tingkat tekanan darah.

6. Mengatasi sakit jantung

Dengan kemampuan mengurangi kolesterol dan hipertensi secara ampuh, artinya bahan makanan ini juga membantu mengurangi dan mengobati penderita sakit jantung.

7. Kekuatan otak

Penelitian telah mengungkapkan bahwa buah yang dikemas dengan potasium dapat membantu belajar dengan membuat siswa lebih waspada dan juga meningkatkan daya ingat.

8. Sembelit

Sarat dengan serat, yang termasuk petai dalam makanan mungkin membantu memulihkan aksi usus normal, membantu mengatasi masalah tanpa menggunakan obat pencahar.

Itulah berbagai manfaat pete untuk kesehatan tubuh Anda. Meski bukan termasuk makanan favorit Anda, tak ada salahnya Anda mencoba makan petai untuk mendapatkan manfaatnya. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

Komentar

Registration