Kuliner

Sate Gurita, Kuliner Andalan Pantai Jolosutro Kabupaten Blitar

Sate Gurita, Kuliner Andalan Pantai Jolosutro Kabupaten Blitar Suhani sedang memanggang Gurita di warungnya di pantai Jolosutro kabupaten Blitar. ( Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Sabtu, 02 November 2019 - 20:59

TIMESINDONESIA, BLITARSate gurita merupakan salah satu kuliner andalan di wisata Pantai Jolosutro Desa Ringenrejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar. Lain daripada yang lain, sate Gurita itu memiliki rasa gurih, sedikit manis, kenyal dan kaya akan protein. 

Suhani, salah satu penjual sate gurita, mengatakan bahwa sate gurita sangat diminati pengunjung pantai Jolosutro. Buktinya, ia mampu menjual 10 kilogram gurita dalam sehari.

"Kalau pas hari libur justru ramai, bahkan kadang saya sampai kehabisan stok gurita," kata Suhani, yang juga seorang nelayan ini, Sabtu (2/10/2019).

Suhani menjelaskan, sebelum gurita dipanggang di atas bara api, gurita harus direbus dengan air bercampur bumbu-bumbu terlebih dahulu. Itu dilakukannya, supaya menambah kelezatan daging gurita dan juga supaya daging gurita lebih empuk. Kemudian dipotong kecil kecil untuk disate.

"Nah, ketika dipanggang, saya lumuri lagi dengan bumbu bercampur kecap supaya lebih mantap lagi," tambah pria ramah ini.

Sate gurita dipadukan dengan sambal bumbu kacang dan nasi dalam penyajiannya. Untuk menambah nikmat menyatap sate gurita, Suhani menyediakan kelapa muda (degan) sebagai minuman.

"Pokoknya lengkap lah, degannya asli langsung dari pohonnya," sambungnya.

Pada musim kemarau saat ini, dia katakan, mencari gurita di laut sangatlah mudah. Sehingga setiap hari, Suhani dan istrinya selalu siap untuk memenuhi permintaan pengunjung yang datang ke pantai Jolosutro. 

"Kebetulan hari ini saya tidak melaut, karena lagi banyak pesanan. Saya bantu bantu istri dulu," ungkapnya.

Menurut Suhani, daging gurita termasuk daging rendah kolesterol. Tidak seperti daging kambing yang sangat berisiko dikonsumsi orang dengan penyakit tertentu. Daging gurita, dia katakan, justru menyehatkan.

"Siapapun bisa mengonsumsi gurita. Alhamdulillah, selama ini tidak ada keluhan dari pelanggan," katanya.

Untuk menikmati sate gurita andalan Pantai Jolosutro di Kabupaten Blitar itu, pengunjung tidak perlu merogoh saku terlalu dalam. Hanya dengan Rp 25 ribu, pengunjung dapat mendapatkan 10 tusuk sate Gurita dengan sambal bumbu kacang dan nasi. (*)

Jurnalis : Muhammad Sholeh
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Blitar

Komentar

Registration