Kesehatan

Selain Mencukupi Cairan Tubuh, Ini Manfaat Minum Air Putih saat Bangun Tidur

Selain Mencukupi Cairan Tubuh, Ini Manfaat Minum Air Putih saat Bangun Tidur Ilustrasi - Minum air putih saat bangun tidur (FOTO: Hellosehat)
Jum'at, 01 November 2019 - 03:35

TIMESINDONESIA, JAKARTAMinum air putih setelah bangun tidur memiliki berbagai manfaat penting untuk tubuh. Air putih dapat mendetoksifikasi tubuh, menyaring partikel yang tidak diinginkan, dan membuat metabolisme lancar.

Dilansir dari Tempo, berikut manfaat minum air putih setelah bangin tidur.

1. Menghidrasi tubuh

Pakar gizi dan penulis The One One One Diet, Rania Batayneh, mengatakan enam hingga delapan jam tidur malam yang direkomendasikan adalah tanpa konsumsi air. Meminum satu atau dua gelas air tepat saat Anda bangun, adalah cara yang baik untuk dengan cepat merehidrasi tubuh Anda.

2. Mengurangi asupan kalori

Minum air sebelum sarapan akan membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga akan mengurangi asupan kalori ketika makan. Menurut penelitian yang dilakukan, konsumsi air sebelum sarapan mengurangi asupan kalori hingga 13 persen.

3. Menurunkan berat badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa air memiliki potensi untuk meningkatkan laju metabolisme pada orang dewasa. Sederhananya, air membantu dalam pemecahan makanan lebih cepat sehingga membantu menurunkan berat badan. 

4. Kinerja mental

Air dikaitkan dengan kesehatan mental dan kinerja kognitif yang lebih baik. Otak manusia terdiri dari 73 persen air, kata Batayneh, jadi tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga aktivitas otak yang optimal. Tentu saja terhidrasi penting dalam hari hari penuh, tetapi memulai dengan segelas air di pagi hari merupakan langkah ke arah yang benar, katanya.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Jika ingin punya kulit sehat, mulailah kebiasaan ini. Jika minum air putih jadi hal pertama yang Anda lakukan di pagi hari saat bangun tidur. Tubuh akan kemampuan untuk mengeluarkan racun, sehingga menjaga kulit Anda sehat dan bercahaya. Hal ini dapat mengurangi jerawat dan memberikan kulit tampilan yang lembab. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration