Glutera News

Pentingnya Brand Book untuk Jangka Panjang Perusahaan

Kamis, 31 Oktober 2019 - 10:25 | 399.20k
Glutera News.
Glutera News.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Brand Manual Guidelines atau yang dikenal dengan Brand Book, rupanya masih cukup asing didengar oleh para pengusaha di Indonesia. Di internet, artikel berbahasa Indonesia yang membahas tentang Brand Book masih cukup jarang kita temui. Oleh karena itu, glutera merasa perlu untuk mengulasnya sedikit. Kali ini, kami langsung melangkah pada topik bahasan. 

Apa Itu Brand Manual Guidelines atau Brand Book?

Sederhananya, Brand Manual Guidelines atau Brand Book adalah buku manual yang akan menjelaskan bagaimana menggunakan logo perusahaan pada tempat yang tepat. Tidak hanya logo, lebih dari itu, yaitu menyelaraskan penggunaan logo dengan elemen lainnya dari material desain grafis perusahaan.

Brand Book itu adalah buku yang menuntun kita agar dapat mengoptimalkan setiap materi desain branding secara efisien dan konsisten.

Jadi, pada dasarnya, bahwa Brand Book ini adalah dokumen yang sudah seharusnya dimiliki oleh para perusahaan. Karena ia adalah bekal penting dalam membangun sebuah brand perusahaan yang profesional dan tertata rapi.

Brand Book Memuat Standar Kerja Perusahaan dalam Desain Grafis

Setiap brand, mulai dari perusahaan skala nasional maupun tingkat international, mereka pasti memerlukan seperangkat buku pedoman branding. Yaitu buku pedoman yang menjadi rujukan terhadap standar kerja perusahaan dalam bidang visual (desain grafis). Tidak lain dan tidak bukan, buku pedoman yang dimaksud adalah Brand Manual Guidelines atau Brand Book.

Jadi, sampai di sini kita sudah mendapatkan secercah titik terang yang menjelaskan apa itu Brand Book. Pada intinya, Brand Book adalah buku manual yang merincikan bagaimana kita menggunakan logo perusahaan secara tepat dan rapi. Yang dipadukan dengan elemen desain grafis lainnya secara harmonis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES